Kominfo Lingga Usulkan Pembangunan Tower Telekomunikasi di Simpang 5 Centeng

Plt Kepala Diskominfo Lingga, Izjumadillah (Kanan) bersama Kabid e-government dan TIK, Ady Setiawan saat meninjau salah satu tower telekomunikasi di Lingga (Foto:Ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bakal mengusulkan pembangunan tower telekomunikasi di sekitaran simpang lima Dusun Centeng, Desa Limbung, Kecamatan Lingga Utara ke pihak Telkomsel.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Lingga, Izjumadillah melalui Kepala Bidang (Kabid) e-government, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Ady Setiawan mengatakan, nantinya tower tersebut akan mengcover 4 desa yang berada di wilayah itu.

"Jadi nantinya tower itu kita usulkan berada di tengah-tengah antara Centeng, Senempek, Pekaka dan Desa Keton. Jadi nanti tower itu bakal dapat mengcover ke-4 wilayah itu," kata Ady kepada Batamnews, belum lama ini.

Lanjutnya, usulan pembangunan tower telekomunikasi tersebut sebagai salah satu upaya jangka panjang Kominfo Lingga untuk mengatasi minimnya jaringan telekomunikasi berbasis data (internet) di ke-4 wilayah tersebut.

"Pihak Telkomsel minta agar jarak tower yang akan dibangun nantinya sejauh 3 kilometer (km) dari masing-masing wilayah. Kalau lebih dari itu, sinyal nya nanti tidak tercover juga," jelas Ady.

Tapi katanya, untuk eksekusi nanti tidak dapat dilakukan tahun 2020 ini. "Untuk eksekusinya tidak mungkin tahun ini. Tahun depan lah. Jadi kita akan ajukan dulu ke pihak Telkomsel untuk pembangunan site baru," pungkasnya.

(ruz)
SHARE US :