Shin Tae-yong Beberkan Kunci Kemenangan Telak Timnas Indonesia U-19

Shin Tae-yong Beberkan Kunci Kemenangan Telak Timnas Indonesia U-19

elatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, saat memimpin anak asuhannya pada latihan perdana di Kroasia (dok. PSSI)

Batam - Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan NK Dugopolje dengan skor telak 3-0 pada laga uji coba yang digelar Kamis (8/10/2020) malam, di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kroasia.

Pada pertandingan itu, Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong berhasil menerapkan strategi jitu untuk menutupi kekurangan pemain Indonesia yang kalah dalam hal postur tubuh.

Seperti diketahui, penggawa Timnas U-19 sering kalah berduel ketika berhadapan dengan lawan. Terutama ketika berduel dengan pemain-pemain lawan yang memiliki postur tubuh yang tinggi.

Hal itu terlihat dari beberapa uji coba sebelumnya. Di mana Witan Sulaeman dan kawan-kawan dihadapkan dengan pemain-pemain Eropa yang unggul dalam postur tubuh seperti Bulgaria, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, dan Dinamo Zagreb.

Namun, ketika melawan NK Dugopolje kekurangan tersebut bisa diminimalisir. Shin Tae-yong memberikan instruksi kepada skuat Garuda Nusantara --julukan Timnas U-19-- untuk bermain cepat.

Strategi tersebut terbilang sukses, dengan tiga gol yang bersarang ke gawang lawan di babak pertama. Tiga gol tersebut diciptakan oleh Witan Sulaeman, Brylian Aldama, dan Braif Fatari.

"Saya memang mencari pemain dengan postur tinggi dan bisa unggul dalam penguasaan bola. Tapi, postur tubuh mungkin tak bisa diubah," kata Shin Tae-yong dikutip dari kanal YouTube PSSI, Jumat (9/10/2020).

"Tapi anak-anak sekarang makin cepat dalam bermain. Jadi sekarang kita dalam proses membentuk permainan yang cepat," ucapnya.

Juru taktik asal Korea Selatan mengaku cukup puas dengan kemenangan 3-0 yang diraih Witan Sulaeman dan kawan-kawan. Apalagi, Pasukan Merah Putih terus menunjukkan perkembangan yang positif.

"Di babak pertama kami sanggup mencetak tiga gol dan menambah kepercayaan diri pemain. Gol juga tercipta melalui proses yang baik. Saya senang pemain makin menunjukkan perkembangan," pungkasnya.

 

Selanjutnya, Timnas U-19 akan menghadapi Makedonia Utara, Minggu (11/10/2020) mendatang. Saat ini, David Maulana dan kawan-kawan sudah menjalani delapan uji coba di Kroasia setelah mengalahkan NK Dugopolje.

Di tujuh laga uji coba sebelumnya, timnas Indonesia membukukan dua kemenangan, dua hasil imbang dan menelan tiga kekalahan.

Tujuh pertandingan yang dimaksud adalah pertandingan melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), dan Dinamo Zagreb (1-0).

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala Asia U-19 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang di Uzbekistan. Selain itu, Timnas U-19 akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews