Meksiko Kerahkan Ribuan Tentara Hadapi Badai Delta

Meksiko Kerahkan Ribuan Tentara Hadapi Badai Delta

Ilustrasi.

Cancun - Pemerintah Meksiko memobilisasi ribuan tentara dan mulai mengevakuasi wisatawan di beberapa resor liburan utama saat badai "sangat berbahaya" melanda Semenanjung Yucatan.

Badai Delta dengan cepat meningkat di Karibia untuk mencapai status Kategori 4, tertinggi kedua, dan akan melanda Meksiko tenggara pada Rabu pagi, kata peramal cuaca AS, dikutip Batamnews dari Channel News Asia, Rabu (7/10/2020).

Wilayah ini adalah rumah bagi serangkaian resor tepi pantai termasuk Cancun, meskipun jumlah pengunjung menurun drastis karena pandemi virus corona,.

Pihak berwenang di Yucatan mengatakan mereka memindahkan tamu dari hotel-hotel di Cancun dan resor lainnya ke tempat penampungan darurat, sementara penduduk juga dipindahkan ke lokasi yang aman.

"Perintah telah diberikan untuk memobilisasi hingga 5.000 tentara dengan semua peralatan yang diperlukan untuk melindungi penduduk," kata Presiden Andres Manuel Lopez Obrador kepada wartawan.

Badai itu membawa angin berkelanjutan maksimum sekitar 215 kilometer per jam, menurut National Hurricane Center (NHC) yang berbasis di Miami.

Delta diperkirakan akan melewati barat daya Kepulauan Cayman pada Selasa sore.

Badai itu diperkirakan akan menjadi "badai yang sangat berbahaya" saat menghantam Meksiko, membawa gelombang besar dan merusak serta risiko banjir bandang yang signifikan, kata NHC.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews