Bersin Termasuk Gejala Covid-19? Cek Selengkapnya

Bersin Termasuk Gejala Covid-19? Cek Selengkapnya

Ilustrasi

Jakarta - Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini, banyak orang yang merasa khawatir dengan kondisi kesehatannya. Mereka takut terinfeksi Covid-19 karena gejalanya sangat bervariasi.

Seseorang yang mengalami sesuatu pada dirinya, seperti bersin atau mata terasa gatal, akan langsung bertanya-tanya, apakah yang ia alami merupakan gejala Covid-19?

Dikutip dari laman Healthline, hidung meler, nyeri wajah, dan mata gatal adalah gejala umum alergi atau flu biasa. Gejala tersebut bukan berarti mengidap virus Corona.

Namun jika ada batuk, demam, dan merasa kelelahan, mungkin kamu terinfeksi virus Corona.

"Tidak semua gejala sama. Kamu mungkin berpikir terinfeksi virus Corona, tapi kemungkinan kamu hanya mengalami alergi musiman atau influenza," jelas Lindsey Elmore, PharmD, spesialis farmakoterapi bersertifikat.

Alergi musiman terkadang menyebabkan batuk dan pilek, keduanya sering dikaitkan dengan beberapa kasus virus Corona. Namun mata gatal, berair, dan bersin merupakan gejala yang sangat jarang terjadi pada pasien virus Corona.

"Pada gejala virus Corona, sangat sering, mereka datang dengan demam. Jika kamu mengalami demam, itu berarti bukan alergi," kata Sandra Hong, MD, seorang ahli alergi di Cleveland Clinic.

Menurut Pusat Pengendalian dan Penyakit (CDC), berikut gejala Covid-19:

-Demam atau kedinginan
-Batuk
-Sesak napas atau kesulitan bernapas
-Kelelahan
-Nyeri otot atau tubuh
-Kehilangan rasa atau bau
-Sakit tenggorokan
-Sakit kepala
-Hidung tersumbat atau meler
-Mual atau muntah
-Diare


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews