4 Alasan Tertawa Adalah Obat Terbaik dalam Hidup Anda

4 Alasan Tertawa Adalah Obat Terbaik dalam Hidup Anda

Ilustrasi Tertawa Credit: unsplash.com/Candice

Jakarta  - Ada yang bilang, "tertawa adalah obat terbaik." Dan faktanya, tertawa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda.

Inilah mengapa makin banyak ahli medis yang menekankan pentingnya banyak tertawa, terlebih di masa sulit seperti sekarang ini. Lalu, apa saja yang menyebabkan tertawa menjadi obat terbaik?

Melansir dari Bestlifeonline, ini dia.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology terhadap lansia pada April 2020 menemukan bahwa partisipan yang lebih banyak tertawa, memiliki risiko lebih rendah terkena kasus penyakit jantung yang parah ketimbang mereka yang kurang tertawa.

Hal ini bisa terjadi karena saat Anda tertawa, otak Anda melepaskan oksida nitrat. Ini bahan kimia yang telah terbukti mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pembekuan darah.

"Stres yang meningkat memperbesar risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke," kata Michael Miller, MD, ahli jantung di Sekolah Kedokteran Universitas Maryland di Baltimore, kepada The New York Times.

Selera humor yang baik adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres dan kecemasan serta mengembalikan rasa normal selama masa-masa sulit ini.

 
2. Meningkatkan memori jangka pendek

Tertawa tak hanya membantu menjaga kesehatan jantung, tapi juga memiliki beberapa manfaat kognitif. Hal ini dipaparkan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Advances pada 2014.

Dalam penelitian itu, para peneliti dari Universitas Loma Linda, California menemukan bahwa humor dan tertawa lepas dikaitkan dengan peningkatan yang signifikan pada ingatan jangka pendek dan kemampuan belajar.

 
3. Membuat Anda lebih tahan/kebal terhadap kesulitan

Masa-masa pandemi ini adalah masa yang sulit bagi kita semua. Tapi Anda dapat membuatnya sedikit lebih mudah dikelola hanya dengan berusaha untuk tertawa dan tersenyum sesekali.

Faktanya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Emotion pada tahun 2007 menemukan bahwa orang yang selamat dari pelecehan kemudian lebih banyak tersenyum dan tertawa pada saat terapi, lebih mungkin memiliki kehidupan yang positif pada dua tahun ke depan ketimbang mereka yang kurang tertawa dan tersenyum.

 
4. Membuat Anda berumur panjang

Ingin meningkatkan peluang Anda untuk panjang umur dan sehat? Pastikan Anda banyak tertawa.

Sebuah studi pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine mengklaim bahwa komponen kognitif dari rasa humor secara positif terkait dengan kelangsungan hidup dari kematian terkait [penyakit jantung] dan infeksi pada wanita, serta kematian terkait infeksi pada pria.

Penemuan ini menunjukkan bahwa memiliki rasa humor adalah metode yang efektif untuk melindungi kesehatan Anda.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews