Chevrolet `Selow` Produknya Dijiplak Pabrikan Otomotif China

Chevrolet `Selow` Produknya Dijiplak Pabrikan Otomotif China

SS Dolphin. (Foto: Carcoops via Liputan6.com)

Beijing - Songsan Motors memperkenalkan SS Dolphin di ajang Beijing Auto Show. Sekilas tidak ada hal ganjil dari mobil tersebut, namun setelah diteliti, rupanya wujud mobil Cina tersebut sangat mirip dengan Corvette C1 keluaran 1958.

Sudah hal biasa jika pabrikan Cina meniru desain mobil dari pabrikan lain. Mulai dari Mini Cooper hingga Range Rover sudah menjadi korbannya. Ada yang memilih diam saja, ada juga yang menempuh halur hukum.

Misalkan saja Jaguar Land Rover yang menuntut Landwind terkait produk tiruan Range Rover Evoque. Jaguar Land Rover akhirnya berhasil memenangkan gugatan.

Terkait dengan SS Dolphin, Kevin Kelly, Chevrolet Senior Manager of Car and Crossover Communications, mengatakan Songsan Motors tidak meminta izin terkait mobil baru mereka. Namun, Kelly kepada Carscoops mengakui Songsan Motors tidak menggunakan hak cipta atau logo GM, dan desainnya tidak sama dengan C1. Dengan kata lain, GM sama sekali tidak mempermasalahkan kehadiran SS Dolphin.

Nuansa Corvette

 

Bukan hal baru jika pabrikan asal Cina meniru desain mobil dari pabrikan lain. Biasanya mobil baru yang menjadi korban, kali ini mobil klasik Chevrolet Corvette C1 lansiran 1958 yang ditiru.

Diberi nama SS Dolphin, barang ini merupakan tiruan bukan replika identik. Gaya keseluruhan seakan terinspirasi, atau lebih jelasnya menyontek, desain orisinal Corvette atap terbuka. Banyak kesamaan dari berbagai sisi. Misal di depan, empat lampu LED lingkaran bertengger di fender.

Sampai juga ke tiga komponen intake yang dibelah oleh bumper kromium sederhana. Tak ketinggalan windscreen terpisah dengan bezel mengilap dan elemen samping menyerupai insang hiu. Meski begitu, terlihat sedikit kejanggalan pada overhang depan, terlihat terlalu panjang.

Begitu melirik buritan, nuansa Corvette kuat terasa. Nyaris menyerupai dengan posisi lampu melekat di bahu, begitu pula dua bilah ornamen kromium sejajar di kap bagasi. Bahkan bumper dengan desain terintegrasi buangan knalpot masuk dalam komposisi bokong. Bedanya paling banter berupa logo. Bukan lambang khas dua bendera bersilangan Corvette yang menghiasi, melainkan badge dari SS Dolphin itu sendiri.

Tampaknya Songsan tidak menutupi keterhubungan dengan desain orisinal Corvette. Mereka pamerkan secara gamblang berbagai foto selebriti terkenal mengendarai mobil aslinya. Di antaranya Johnny Depp, Tom Cruise, dan Brad Pitt. Pun dari terjemahan kasar, pada dasarnya pabrikan memang berniat produksi seri mobil klasik untuk pasar Cina. Seperti SS Dolphin ini mengadopsi Corvette.

(dod)

Berita Terkait