Cak Nur Tunggu Kader Gerindra Pengganti Iman Sutiawan di Gedung Dewan

Cak Nur Tunggu Kader Gerindra Pengganti Iman Sutiawan di Gedung Dewan

Gedung DPRD Kota Batam. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam - Iman Sutiawan sudah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai anggota DPRD Kota Batam. Wakil Ketua III DPRD Batam itu seperti diketahui akan maju dalam pencalonan sebagai Wagub Kepri berpasangan dengan Soerya Respationo.

Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengakui jika Iman sudah mengajukan surat pengundurannya sejak bulan lalu.

“Bulan kemarin secara pribadi, (Iman) sudah mengajukan surat pengunduran dirinya dari DPRD Kota Batam," ujar Cak Nur, Senin (28/9/2020).

Nuryanto menyampaikan bahwa sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan siapa nama pengganti Iman Setiawan yang akan diplot Partai Gerindra dalam proses pergantian antar waktu (PAW).

Nuryanto mengaku DPRD Batam telah menyurati Partai Gerindra agar mempersiapkan proses PAW Iman.

"Kami masih menunggu. Yang jelas, secara pribadi (Iman) sudah ajukan pengunduran diri tapi belum ada jawaban dari Partai siapa penggantinya," kata dia.

Terpisah Sekretaris DPC Partai Gerindra Batam, Wawan Koswara mengatakan, PAW tentunya mengikuti mekanisme yang ada. Yaitu berdasarkan penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam tahun 2019 terkait perolehan suara di daerah pemilihan Iman Sutiawan yakni Dapil VI Batam.

Sesuai dengan anggaran dasar (AD) partai, nama yang masuk PAW diusulkan ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) melalui Dewan Pengurus Daerah (DPD).

“Selain itu juga harus ada surat pengunduran diri dari yang bersangkutan,” ujarnya.

DPP memberikan rekomendasi calon pengganti Iman Setiawan. Lalu DPC mendapatkan rekomendasi, dan kemudian menyurati DPRD Kota Batam. “Rekomendasi pusat itu diserahkan ke Setwan,” katanya.

Setelah diproses di Setwan, Wawan mengatakan langkah selanjutnya yaitu meminta jadwal pelantikan pengganti Iman Sutiawan kepada Gubernur Kepri.

Saat ini proses yang telah mereka lakukan masih mengusulkan ke DPD Partai Gerindra Provinsi Kepri. “Baru mengusulkan ke DPD, penetapan (iman sebagai cawagub) baru kemarin,” jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews