Jalur Pelayaran Roro ke Natuna dan Anambas Kosong Sementara Waktu

Jalur Pelayaran Roro ke Natuna dan Anambas Kosong Sementara Waktu

KMP Bahtera Nusantara 01. (Foto: maritim.go.id)

Batam - Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 01 yang melayani lintas pulau di Kepri terkendala saat akan berlayar dari Pulau Bintan menuju sejumlah daerah lainnya seperti Kepulauan Anambas, Kepulauan Natuna dan Kalimantan Barat.

Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Firdaus mengatakan, kapal mengalami panas mesin saat dua jam setelah bertolak dari Tanjunguban, Kabupaten Bintan.

"Itu terjadi saat perjalanan Rabu (24/9/2020) kemarin. Sekitar dua jam berlayar, tiba-tiba panas di bantalan mesin induk sebelah kiri,” ujarnya, Sabtu (26/9/2020).

Firdaus menjelaskan, belum diketahui apakah ada kerusakan pada kapal. Dia hanya mendapat informasi bahwa kapal mengalami panas pada mesin.

“Kalau kerusakan belum tahu, tapi terjadi panas. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena ini pelayaran jarak jauh dan rute cukup ekstrem, makanya nakhoda memutuskan untuk kembali ke pelabuhan asal untuk melakukan pengecekan lebih lanjut,” katanya.

Karena insiden itu, KMP Bahtera Nusantara o1 akan docking dan diperbaiki pada akhir bulan September 2020 ini.

“Jadwal docking bulan depan, tapi kemarin teknisi dari galangannya datang dan mengatakan, lebih baik langsung diperbaiki di sini sekalian docking. Karena rencana dockingnya bulan depan, tapi dimajukan dockingnya akhir bulan ini,” ucap Firdaus.

Jadi untuk sementara pelayaran kapal Roro menuju Anambas, Natuna dan Kalimantan Barat itu ditiadakan. “Mungkin selesai docking kami estimasi waktu 30 hari. Kalau kapal pengganti, kami tidak punya," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews