Besok, Kapal Roro Karimun-Riau Kembali Beroperasi

Besok, Kapal Roro Karimun-Riau Kembali Beroperasi

Kapal Roro KMP Lome. (Ilustrasi)

Karimun - Kapal Roll on Roll off (Roro) dari Karimun ke Riau akan beroperasi kembali, Rabu (26/8/2020).

Beroperasinya kembali kapal Roro tersebut bakal jadi kabar gembira bagi masyarakat Karimun. Mereka bakal bisa kembali bepergian dengan membawa kendaraan pribadi dari Pelabuhan Roro Parit Rampak, Meral, Tanjungbalai Karimun, Kepri.

Untuk perjalanan ke Riau, Kapal Roro kali ini tidak bersandar di dermaga pelabuhan Tanjungbuton, Siak, Riau.

Namun di dermaga pelabuhan Sungai Selari atau biasa disebut Sungai Pakning, Kabupaten Bengkalis.

"Sesuai dengan surat yang sudah kita terima, mulai Rabu besok pelayaran kapal Roro tujuan ke Riau akan kembali beroperasi,'' ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Selasa (25/8/2020).

Sebelumnya, Kapal Roro dari Tanjungbalai Karimun-Riau sempat terhenti. Lantaran dermaga pelabuhan Tanjungbuton di Buton mengalami kerusakan.

Dengan dibuka kembali operasi kapal Roro, diharapkan dapat meningkatkan arus barang dari Riau, Sumatera atau Pulau Jawa ke Karimun.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pengawasan dan pengetatan akan terus dilakukan, terutama bagi warga atau penumpang yang berasal dari luar Karimun.

Salah satu syarat adalah setiap penumpang diwajibkan untuk mengantongi surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit, atau surat bebas Covid-19.

"Ini kita lakukan sebagai bentuk antisipasi agar Kabupaten Karimun terhindar dari penyebaran Covid-19. Maka, kita akan menempatkan petugas medis di pelabuhan Roro, namun sifatnya tidak permanen. Tapi ketika jadwal kapal masuk saja," kata Rafiq.

Kabid Pelayanan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Daud mengatakan bahwa jadwal dan rute kapal Roro tidak seperti biasanya.

"Dalam satu seminggu hanya satu kali saja kapal Roro dari Tanjungbalai Karimun ke Riau, yaitu setiap hari Rabu saja. Kapal yang akan melayani adalah KMP Tandemand,'' kata Daud.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews