Koeman Bakal Ubah Formasi Barcelona

Koeman Bakal Ubah Formasi Barcelona

Ronald Koeman (Foto:ist)

Barcelona - Barcelona akan mengalami perubahan di tangan Ronald Koeman. Pelatih Belanda itu mengisyaratkan akan terus menerapkan formasi pemain yang baru.

Barcelona memakai formasi 4-2-3-1 saat mengalahkan Gimnastic de Tarragona 3-1 dalam pertandingan ujicoba Sabtu (12/9/2020) malam. Formasi pemain tersebut berbeda dari pelatih-pelatih sukses Barcelona terdahulu seperti Frank Rijkaard, Pep Guardiola, dan Luis Enrique yang setia mengusung 4-3-3.

Di pertandingan itu gol-gol Barcelona dicetak oleh Ousmane Dembele, dan masing-masing satu gol penalti dari Antoine Griezmann, dan Philippe Coutinho. Sedangkan Arturo Vidal dan Luis Suarez sama sekali tidak dilibat di tengah isu kepindahan mereka ke Liga Italia.

Dalam starting XI Barcelona di laga tersebut, Lionel Messi, dimainkan sebagai ujung tombak di depan. Pemain terbaik dunia enam kali itu didukung oleh trio Griezmann, Dembele, dan Pedri di belakangnya serta menggunakan dua gelandang bertahan.

"Ini mungkin sedikit berbeda dan lebih defensif dari apa yang kita lihat dalam beberapa tahun terakhir," Koeman mengatakan kepada Barca TV.

"Tapi tujuannya adalah mengalirkan bola, menguasainya, dan menciptakan ruang untuk bermain di antara lini, di belakang lini tengah tim lawan. Saya pikir tim ini mampu untuk melakukannya karena kami memiliki para pemain tengah yang mampu bermain dengan cara itu."

Barcelona akan menjalani satu lagi pertandingan ujicoba, yaitu melawan Girona pada Rabu (16/9/2020), sebelum melakoni pertandingan kompetitif pertama di Liga Spanyol melawan Villarreal.

"Penting karena para pemain sudah berlaga karena sekarang itu bukan pramusim yang normal. Kita cuma memiliki waktu empat pekan, bukan enam pekan. Ini rumit. Apa yang kami ingin lakukan sekarang adalah meningkatkan fisik dan dalam dua pekan kami akan mengejarkan taktik lebih banyak," terang Ronald Koeman dalam persiapan Barcelona menuju musim baru.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews