APBD Perubahhan Kabupaten Karimun Diprediksi Hanya Rp 900 Miliar

APBD Perubahhan Kabupaten Karimun Diprediksi Hanya Rp 900 Miliar

Tambang granit di Kabupaten Karimun yang menjadi andalan pemasukan PAD. (Foto: BATAMNEWS)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2015 Pemkab Karimun diperkirakan menurun hingga Rp 900 miliar. Penurunan tersebut disebabkan sejumlah faktor.

Mantan legislator DPRD Karimun Jamaluddin mengatakan, penurunan itu berdasarkan indikator-indikator yang sudah ada di APBD 2015. APBD 2015 yang mencapai Rp 1,2 triliun saat ini baru terealisasi 40 persen.

'Saya prediksi APBD-P turunlah. Nah, sekarang bagaimana pihak Esekutif untuk melakukan efisiensi terhadap penggunaan anggaran Perubahan tersebut. Sehingga, bisa menggerakkan roda ekonomi secara merata,' ucap Jamaluddin Minggu (13/9/2015).

Ia mengatakan, rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun tahun 2015 belum terlihat. Rencana itu seperti peningkatan dan perluasan kesejahteraan masyarakat.

Belum terlihat pembangunan yang menyentuh langsung masyarakat.


Beban APBD

Jamaluddin juga mengatakan, banyaknya tenaga honor di setiap SKPD bisa menjadi beban APBD-P maupun APBD 2016. Harus ada evaluasi terhadap tenaga honor tersebut.

'Dilihat dari sektor ekonomi saja. Anda sudah rasakan sekarangkan, pergerakan sangat lamban,' kata Jamal.

Selain itu, Jamal juga berharap pemberian bantuan sosial tepat sasaran. Selain itu juga penerima harus terus berganti agar ada pemerataan atau keadilan.

Sementara itu Ketua DPRD Karimun HM Asyura mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima draff APBD-P 2015. Yang seharusnya saat ini APBD-P itu sudah memasuki tahap pembahasan. Agar dapat direaliasasikan dalam empat bulan mendatang.

'Belum terima saya, katanya minggu ini baru akan disampaikan dari pihak Esekutif. Sehingga anggarannya belum tau apakah meningkat atau turun,' kata dia.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews