Siap-siap, Asap dari Sumatera Sudah Mengarah ke Malaysia

Siap-siap, Asap dari Sumatera Sudah Mengarah ke Malaysia

Ilustrasi kabut asap. (foto: ist net)

BATAMNEWS.CO.ID, Pekanbaru - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyebut, pantauan Satelit Terra dan Aqua terdapat 14 titik panas di Riau. Imbasnya, semua wilayah di Bumi Lancang Kuning diselimuti kabut asap pekat.

Staf Analisa BMKG Pekanbaru Ardithama mengatakan, titik api di Riau berada di tiga wilayah yakni Kabupaten Pelalawan yang merupakan daerah terparah dengan delapan titik panas, kemudian Kabupaten Kuansing lima titik panas, dan satu titik di Indragiri Hilir.

Jarak pandang di Riau saat ini terbatas antara 200 meter hingga 500 meter di masing-masing kabupaten dan kota. "Selain dari Riau sendiri, kabut asap di wilayah kita juga merupakan kiriman dari Jambi dan Sumatera Selatan," ucap Ardhitama, Minggu (13/9/2015) dilansir okezone.

Menurutnya, selain menyelimuti Riau, kabut asap dalam beberapa hari ini juga sudah menyelimuti negara tetangga, Malaysia. Dia mengungkapan, kabut asap yang menyelimuti Malaysia yang berdekatan dengan Riau memerupakan kiriman dari Sumatera.

"Saat ini arah angin mengarah ke Selatan. Artinya asap dari Riau dan beberapa provinsi di Sumatera mengarah ke Malaysia," tambah Ardi.

Dia mengatakan, kondisi seperti ini diperkirakan baru akan berakhir sampai akhir September. "Saat ini masih musim kemarau. Diperkirakan pada Oktober nanti sudah musim hujan dan kebakaran mudah-mudahan segera berakhir," tukasnya.

(ind/okz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews