2.209 UKM di Tanjungpinang Tunggu Bantuan Pusat

2.209 UKM di Tanjungpinang Tunggu Bantuan Pusat

Salah satu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Tanjungpinang (Foto:Adi/Batamnews)

Tanjungpinang - Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, telah mengirimkan sebanyak 2.209 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Tanjungpinang ke pemerintah pusat untuk menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang, Hamalis mengatakan, bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 2,4 juta itu, setidaknya dapat membantu para UKM di Tanjungpinang untuk kembali berjualan.

"Ada sebanyak 2.209 UKM yang telah mendaftar, datanya sudah kami kirim ke pusat kemarin, kita hanya sebagai perantara saja," kata Hamalis, Rabu (26/8/2020).

Ia menjelaskan, secara teknis pihaknya hanya memfasilitasi para UKM mengajukan bantuan. Namun yang menentukan dapat tidaknya itu wewenang pusat.

"Kalau kita berharap semua UKM dapat, tapi ini kan yang menentukan pusat, kita hanya memfasilitasi saja," sebutnya.

Ia melanjutkan, pada tahap pendaftaran pihaknya melakukan verifikasi administrasi seperti NIK KTP, foto tempat usaha, dan jenis usaha.

"Hanya verifikasi sesuai mereka sampaikan saja, tapi kalau untuk melakukan pengecekan fisik tidak mungkin, karena waktunya sangat singkat," ujar Hamalis.

Menurutnya, akibat Covid-19 ini UKM Tanjungpinang tak hanya terdampak melainkan sudah terkapar. Sebab katanya, mereka berjualan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kalau pun ada tabungannya, selama 6 bulan ini sudah habis, nah keluhan mereka hanya modal untuk kembali buka usaha," pungkas Hamalis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews