Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 6, Simak Selengkapnya

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 6, Simak Selengkapnya

Ilustrasi

Jakarta - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 6 dibuka hari ini, Kamis (27/8/2020) mulai pukul 12.00 WIB. Untuk gelombang 6 dibuka kuota sebanyak 800 ribu peserta. Jumlah ini sama dengan gelombang sebelumnya.

Dilansir https://www.prakerja.go.id, Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

Kartu Prakerja ditujukan untuk semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. Namun untuk merespons dampak dari pandemi Covid-19, Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Berikut cara mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 6:

1. Buka situs https://www.prakerja.go.id

2. Login, bagi yang sudah terdaftar silakan login email dan password. Bagi yang belum daftar, klik daftar. Lalu isi alamat email, password, dan konfirmasi password. Klik Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku. Lalu klik daftar.

3. Setelah daftar, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi data melalui email.

4. Lalu verifikasi KTP dengan masukkan 16 digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir kamu.

5. Kemudian masukkan data diri dan nomor HP. Setelah itu kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

6. Berikutnya saat foto, pastikan seluruh wajah terlihat jelas. Jangan gunakan kacamata dan masker.

7. Setelah itu, tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil atau pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

8. Pilih Pelatihan yang diinginkan. Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Dalam program Kartu Prakerja Gelombang 6, peserta akan mendapat Rp 3.550.000. Rinciannya yakni uang saku Rp 2,4 juta atau Rp 600 ribu per bulan. Kemudian Rp 1 juta untuk pelatihan dan Rp 150 ribu sebagai insentif usai pelatihan selama 3 bulan.

Para calon pendaftar Prakerja Gelombang 6 harus memasukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), telepon, dan alamat email dengan benar. Pasalnya data-data ini merupakan faktor penting dalam proses pendaftaran.

"Prosesnya sama dengan gelombang 4 dan 5," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, Kamis (27/8/2020).

Lalu bagaimana agar rekening bank atau E-Wallet tersambung dengan akun Kartu Prakerja?

 

Berikut cara agar rekening bank atau E-Wallet tersambung dengan akun Kartu Prakerja:

Cara Menyambungkan E-Wallet ke Akun Prakerja

-Pilih Sambung Sekarang pada dashboard utama kamu.

-Pilih Rekening yang akan kamu sambungkan. Jika memilih BNI isi informasi tambahan dengan benar lalu pilih Sambungkan.

-Jika memilih E-Wallet, cek Nomor HP kamu dan Pilih 'Aktifkan LinkAja'.
Jika memilih Bank BNI, cek informasi rekening dan Pilih Konfirmasi.

-Jika kamu memilih E-Wallet, masukkan OTP yang telah dikirimkan melalui SMS. Jika memilih E-Wallet, Masukan Kode Keamanan E-Wallet. E-Wallet kamu telah tersambung di akun Kartu Prakerja

Peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 6 akan menerima SMS pemberitahuan. Jika tidak, maka peserta bisa mendaftar ulang di gelombang selanjutnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews