Roro KMP Bahtera Nusantara 01 Hubungkan Kepri-Kalimantan

Roro KMP Bahtera Nusantara 01 Hubungkan Kepri-Kalimantan

KMP Bahtera Nusantara 01.

Bintan - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bahtera Nusantara 01 telah berada di Pelabuhan PPLP Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara.

Kapal roro buatan galangan kapal PT Mariana Bahagia Palembang itu akan beroperasi menyambung pulau-pulau di Kepri dan Kalimantan.

Pulau yang disambangi antara lain Tanjunguban (Bintan)-Matak (Anambas)-Sintete (Kalimantan Barat)-Tambelan (Bintan)-Serasan (Natuna).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan, Insan Amin mengatakan KMP Bahtera Nusantara 01 itu akan segera beroperasi. Namun belum diketahui secara pasti jadwalnya.

“Kapal perintis itu akan melayani penyeberangan antar pulau. Tidak hanya penumpang tapi kapal itu juga mengangkut kendaraan,” ujar Insan, kemarin.

Kapal ini, kata Insan, memiliki panjang 71,92 meter dan lebarnya 14 meter, serta sarat kapal 3,28 meter. Sedangkan kapasitasnya adalah 1.500 Gross Tone (GT).

“Kalau sudah ada jadwal pastinya akan kami infokan,” katanya.

Kepala Seksi Kesyahbandaran KSOP Tanjunguban, Lina Lusiana mengaku masih melakukan koordinasi dengan pihak kementerian perhubungan (kemenhub) terkait trayek kapal ini.

“Kapalnya sudah tiba dan sekarang bersandar di Pelabuhan PPLP Tanjunguban,” sebutnya.

Bedasarkan informasi dari pihak ASDP, kapal tersebut belum dapat beroperasi karena masih menunggu kelengkapan dari pihak terkait. Kemungkinan bulan depan kapal tersebut sudah dapat belayar dan melayani keberangkatan.

“Menunggu serah terimanya dulu,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews