Sehari Bersama Marlin Agustina, Perempuan Aktif dengan Segudang Agenda

Sehari Bersama Marlin Agustina, Perempuan Aktif dengan Segudang Agenda

Bunda PAUD Batam, Marlin Agustina Rudi menyapa anak-anak TK Bustanul Ulum, Kecamatan Galang. (Foto: ist)

MARLIN Agustina, selama ini dikenal sebagai wanita sibuk. Hari-harinya padat kegiatan, mulai pagi, siang, sore bahkan hingga malam hari. 

Ada banyak peran yang dilakukan Marlin, mulai sebagai Ketua Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) Kota Batam, ditambah lagi sebagai Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam.

Selain itu sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), hingga memegang beberapa organisasi kemasyarakatan lainnya.

Sehingga wajar bila kegiatannya seabrek. Untuk hari ini, Rabu (19/8/2020) saja, sudah ada 4 jadwal yang menunggunya mulai pagi hingga sore di mana jarak tempat antara satu acara ke acara lainnya, berjauhan. 

Lihat saja jadwalnya: 

1. Acara : Zoom Meeting, Musyawarah Nasional Dewan Kerajinan Nasional, Tahun 2020, bersama Menterian Dalam Negeri, di Aula Lantai IV Kantor Wali Kota Batam, pukul  07.00 WIB.

2. Acara: Kunjungan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam, di TK Bustanul Ulum, Kecamatan Galang, Pukul 08.30 WIB.

3. Acara: Road-Show dan Halal Bihalal Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) Kota Batam di Kecamatan Galang, pukul : 10.00 WIB.

4. Acara: Pembinaan Akhlak Mulia Tim Penggerak PKK Kota Batam.

5. Acara : Peresmian Rumah Tenun Pulau Ngenang, Kecamatan Nongsa, pukul 15.00 WIB. Berangkat dari Pelabuhan Telagapunggur, pukul 13.00 WIB.

Ini yang terjadwal, belum lagi acara yang mendadak dan tiba-tiba harus dihadiri. Gak capek Bu?

"Biasa saja kok Mas. Ini semua sebagai bentuk menjaga amanah masyarakat," jelasnya.

Menurut Marlin, amanah itu banyak. Menjadi Muslimah itu amanah. Menjadi ayah dan suami itu amanah. Menjadi istri dan ibu adalah amanah. Menjadi anak juga amanah. Menjadi pimpinan, karyawan, PNS, guru, pedagang, pejabat, penguasa, dan lain-lain. Semua adalah amanah. Semua pasti dimintai pertanggungjawaban. 

"Inilah bentuk pertanggungjawaban saya sebagai manusia terhadap manusia dan manusia terhadap Tuhan," ujarnya.

Kerja Keras Berbuah Prestasi

Sebagai bukti keseriusannya, banyak terobosan dan prestasi yang sudah diraih Marlin. Misal meraih penghargaan sebagai Bunda PAUD Kota Berprestasi tingkat Provinsi Kepri, dengan nilai tertinggi, 265.

Sebagai Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin juga menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Bidang Kependudukan Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan  Keluarga dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia.

Selain itu sebagai Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin sukses mengenalkan sebuah kreasi batik khas Batam, yang dikenal dengan batik Ikan Marlin. Serta membuat terobosan dengan mengangkat ekonomi masyarakat melalui UKM binaannya sehingga banyak yang sukses.

Sibuk, tapi Tak Lalaikan Fungsi Ibu

Namun di sela kesibukannya itu, Marlin tak lupa perannya sebagai ibu rumah tangga. Khususnya baktinya kepada suami, H Muhammad Rudi (HMR) yang tak lain adalah Wali Kota Batam.

“Saya saja setiap hari masak. Karena Bapak (wali kota) sebelum maghrib itu pasti pulang,” ungkapnya.

Lalu apa menu favorit HMR di rumah? 

“Masakannya yang simpel saja, sayur bening, telur ceplok kasih kecap asin. Mungkin karena di luar dari pagi sudah makan yang macam-macam, jadi di rumah mau yang simpel saja,” kata Marlin. *


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews