Marlin Ajak Kaum Ibu Siapkan Generasi Emas Sambut Bonus Demografi

Marlin Ajak Kaum Ibu Siapkan Generasi Emas Sambut Bonus Demografi

Bunda PAUD Batam, Marlin Agustina Rudi saat menghadiri silaturahmi Wali Kota Batam di SMP Negeri 4. (Foto: ist)

Batam - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Marlin Agustina mengajak para ibu untuk menyiapkan anak-anak menyambut generasi emas tahun 2045. Di tahun itu, Indonesia memiliki bonus demografi sumber daya manusia (SDM) yang besar.

"Siapkan anak-anak kita ke depan untuk menghadapi Indonesia Emas, agar siap menghadapi masa depan yang gemilang," ucapnya saat memberi sambutan pada pembagian seragam gratis untuk siswa SMP di SMPN 4, Kecamatan Bengkong, Kamis (13/8/2020).

Marlin perlu mengingatkan hal tersebut, sebab di tahun 2045, saat Indonesia genap berusia 100 tahun, ada satu harta karun yang sejatinya bisa menjadi modal untuk kelangsungan bangsa dan negara ini kedepannya.

Harta itu bernama "bonus demografi", yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045.

Bahkan laman Good News from Indonesia melansir, pemerintah sendiri melalui dokumen Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang disusun oleh Menko Perekonomian, dicanangkan bahwa Indonesia pada tahun 2025 akan menjadi negara maju, mandiri, makmur, dan adil dengan pendapatan per kapita sekitar 15.000 dolar AS serta diharapkan menjadi kekuatan ekonomi 12 besar dunia. 

Kemudian pada tahun 2045 mendatang Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu dari 7 kekuatan ekonomi terbesar di dunia dengan pendapatan per kapita sebesar USD 47.000.

Di acara yang digelar di SMPN 4, sekitar pukul 14.00 tersebut, Marlin juga sempat membakar semangat kaum ibu meningkatkan etos agar ikut andil dalam pembangunan..

Terkait bantuan seragam gratis ini, menurut Marlin yang merupakan ide Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) dan terealisasi atas dukungan Bank Riau Kepri sebagai donatur terbanyak dan juga turut berpartisipasi BRI dan Bukopin.

“Pak Wali memahami pandemi (Covid-19) mempengaruhi segala sektor kehidupan khususnya ekonomi, yang berkaitan langsung dengan masyarakat," pungkas Marlin. *


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews