https://www.batamnews.co.id

Positif Covid-19, Kapolsek Kundur Dikabarkan Kritis

AKP Endi Endarto. (Foto: karimuntoday.com)

Batam - Kondisi Kapolsek Kundur, AKP Endi Endarto dikabarkan kritis setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebuah pesan berantai beredar di media sosial Whatsapp.

"Dpt Info dr Btm.. Kapolsek Kundur Kritis, Mohon Doanya. Mudah-mudahan bisa melewati masa kritis dan segera diberikan kesembuhan. Aamiin YRA...

Mohon doa dari rekan2 semua semoga Abangnda @Kapolsek Endiarto Kundur, bisa melewati Masa kritis dan kembali sehat sperti sedia kala...

Semoga Allah berikan kekuatan untuk beliau melewati Masa kritis nya..."

tulis pesan salah satu anggota Polri di lingkungan Polres Karimun.

Tim Gugus Tugas Kota Batam sebelumnya merilis AKP Endi Endarto sebagai kasus 283 yang tercatat di Kota Batam.

Disebutkan jika pasien dengan inisial EE (usia 56,5 tahun) sempat memeriksakan diri di RS Awal Bros Batam.

Kendati bertugas di Karimun, EE memang memiliki rumah di Kota Batam, Anggrek Mas 3 Batam Centre, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam

Dalam keterangan tertulisnya, tim Gugas mengatakan, EE pada tanggal 25 Juli 2020 memeriksakan diri ke UGD RS Awal Bros Batam dengan keluhan demam disertai sesak nafas sejak satu minggu sebelumnya dengan tingkat kesadarannya apatis.

"Kemudian oleh dokter pemeriksa dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan Laboratorium secara lengkap dan RDT yang hasilnya diperoleh “Non Reaktif” disertai CXR dengan hasil pneumonia," tulis Tim Gugas.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang diperoleh tersebut dokter pemeriksa menegakkan Diagnosanya “Respiratory Failure ec. Susp Pmeumonia + Febris H VII + Probable Covid-19” untuk kemudian yang bersangkutan harus dilakukan perawatan di ruang isolasi ICU dengan terpasang ventilator.

Selanjutnya pada tanggal 27 Juli 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada 28 Juli 2020 dengan Terkonfirmasi “Positif”.

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan relatif tidak stabil dan saat ini masih ditempatkan di ruang perawatan isolasi ICU rumah sakit Awal Bros guna menjalani perawatan yang intensif untuk menangani gangguan kesehatan yang dialaminya," tulis Tim Gugas.

Terkait hal ini, sebelumnya, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan membenarkan Kapolsek AKP EE sudah menjalani tes PCR dari sampel swab.

“Yang bersangkutan benar diambil swab-nya,” kata Adenan, Selasa (28/7/2020) lalu.

Adenan juga mendapat kabar kesehatan anggotanya itu sebelumnya dalam kondisi tidak sehat dan mengalami demam.

Sejumlah pejabat di lingkungan Polres Karimun maupun Polsek Kundur dikabarkan juga menjalani rangkaian rapid test sebelumnya.

Dalam tugasnya sebagai Kapolsek Kundur selama ini AKP Endi Endarto memang sedang giat dalam kegiatan program pencegahan Covid, terutama di Pelabuhan Tanjung Batu, Kundur dan lokasi rawan penularan lainnya.

(fox)