Tiga Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal, Cocok Buat Pemula

Tiga Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal, Cocok Buat Pemula

Ilustrasi

Jakarta - Modal usaha menjadi kendala yang cukup menakutkan bagi para pemula yang baru akan merintis bisnis online shop. Namun, jika Anda jeli terdapat beberapa cara bisnis online shop tanpa modal yang cocok bagi pemula seperti Anda.

Banyak contoh kasus pebisnis yang memulai usaha tanpa modal namun kini telah berhasil memiliki pelanggan tetap bahkan telah memiliki brand sendiri.

Anda dapat menjadikan ulasan berikut ini sebagai bahan referensi untuk memilih bisnis online shop pertama Anda.

1. Menjadi Dropshipper

Dropshipper merupakan agen perantara yang secara sederhananya bertugas untuk menyampaikan pesanan pembeli ke supplier. Untuk menjadi seorang dropshipper Anda perlu menuntukan sektor usaha mana yang ingin Anda geluti. Bagi pemula, mulailah dari skala kecil dengan berfokus pada satu sektor bisnis saja.

Anda bisa memulai dari satu produk spesifik yang paling Anda kuasai. Hindari produk-produk yang tidak memiliki prospek jangka panjang. Setelah menentukan produknya, tugas Anda hanya tinggal melakukan promosi karena proses produksi akan dilakukan oleh supplier.

Nah, hal inilah yang membuat bisnis dropshipping tidak memerlukan modal. Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya produksi.

Untuk biaya promosi, Anda dapat memilih kegiatan promosi yang tidak memungut biaya. Jika sudah memiliki modal dari hasil penjualan, barulah Anda bisa memperluas target pasar dengan melakukan promosi-promosi berbayar.

Baca halaman berikutnya..

 

2. Membuka jasa titip online

Bisnis ini juga tidak memerlukan modal karena sistem pre order yang diterapkan. Cara kerjanya, Anda dapat menawarkan jasa titip ini melalui media sosial dengan memperlihatkan produk yang akan kirim.

Atau Anda juga dapat memberikan kebebasan bagi calon pembeli untuk secara spesifik memesan barang yang diinginkan. Skala bisnis jasa titip online ini beragam, mulai dari jasa titip produk antar kota bahkan juga bisa sampai antar negara.

Barang titipan yang disediakan juga sangat beragam mulai dari produk makanan khas daerah hingga barang-barang branded yang harganya sampai puluhan hingga ratusan juta. Bagi para pemula, mulailah dari skala yang kecil terlebih dahulu guna mengurangi risiko kerugian dalam jumlah besar.

Hal terpenting bagi Anda yang baru memulai bisnis ini ialah mendapatkan kepercayaan calon pembeli. Anda terlebih dahulu perlu meyakinkan calon pembeli bahwa online shop Anda aman dan terpercaya. Pembeli tidak perlu khawatir akan penipuan dan barang yang dipesan akan sampai ke tangan pembeli dalam kondisi yang baik.

3. Bisnis dengan sistem pre order

Jika poin sebelumnya membahas tentang bisnis online shop yang bisa dijalankan tanpa modal, kali ini Anda dapat menjalankan bisnis apapun namun dengan menerapkan sistem pre order. Sistem ini memungkinkan Anda sebagai penjual untuk memperkirakan jumlah calon pembeli Anda sebelum melakukan proses produksi.

Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang muka sehingga tidak perlu menyiapkan modal produksi. Dalam beberapa kasus, ada juga online shop yang langsung meminta pembayaran penuh di awal pemesanan. Dengan ini Anda tidak perlu khawatir untuk menyiapkan biaya produksi produk Anda.

Konsistensi dan komitmen diperlukan guna menjaga keberlangsungan bisnis Anda. Walaupun Anda memulai bisnis tanpa modal dan dengan skala yang kecil, tidak menutup kemungkinan bisnis Anda ini akan semakin berkembangan menjadi lebih besar dari hari ke hari.

Itu dia cara bisnis online shop tanpa modal yang cocok untuk pemula.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews