Tiga Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh, Bantu Kendalikan Kadar Gula Darah

Tiga Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh, Bantu Kendalikan Kadar Gula Darah

Air kelapa

Jakarta - Cocos nucifera atau kelapa memang terkenal memiliki 1001 manfaat dan kegunaan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Manfaat air kelapa bagi tubuh, misalnya.

Ya, salah satu bagian yang juga dipercaya memiliki beragam manfaat adalah air buah kelapa. Manfaat air kelapa ini sendiri telah lama menjadi topik penelitian para peneliti kesehatan di dunia.

Melansir Healthline.com, penelitian terhadap manfaat air kelapa yang dilakukan terhadap hewan uji menunjukkan bahwa air kelapa berpotensi memberikan manfaat yang serupa bagi tubuh manusia.

Walaupun masih membutuhkan penelitian lebih mendalam, kandungan air kelapa dipercaya dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar.

Yuk, simak 3 manfaat air kelapa yang baik untuk tubuh berikut ini!

1. Menghidarasi tubuh

Menghidarasi tubuh adalah salah satu manfaat air kelapa yang paling banyak diketahui oleh masyarakat umum. Berkat kandungan elektrolitnya, air kelapa dapat mempercepat proses hidarasi dalam tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Kandungan elektrolit ini juga berperan dalam mengatur pH tubuh bahkan dapat mengendalikan kontraksi otot. Selain itu, dengan komposisi mineralnya, air kelapa dapat menjadi pilihan pengganti minuman isotonik.

Jika dibandingkan dengan minuman isotonik, air kelapa steril tentunya jauh lebih baik bagi kesehatan tubuh.

2. Menangkal radikal bebas

Melansir Alodokter.com, selain kandungannya yang berguna untuk menghidrasi tubuh, air kelapa juga mengandung antioksidan. Kandungan ini dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tak stabil yang diproduksi sel tubuh saat sedang melakukan proses metabolisme.

Jika terdapat banyak radikal bebas di dalam tubuh maka tubuh akan memasuki tahap oxidative stress. Kondisi ini yang dapat meningkatkan kemungkinan datangnya penyakit bagi tubuh Anda.

Kandungan antioksidan tingkat tinggi yang baik bagi tubuh ini hanya bisa Anda dapatkan pada air kelapa murni yang tidak mengalami proses olahan.

3. Membantu tubuh dalam mengendalikan kadar gula darah

Kandungan magnesium pada air kelapa dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mampu menbantu menurunkan kadar gula darah.

Walaupun masih membutuhkan studi mendalam terkait manfaat yang satu ini, air kelapa dapat menjadi pilihan makanan bagi para penderita diabetes.

Melansir Medicalnewstoday.com, air kelapa memiliki serat yang tinggi dan kandungan karbohidrat yang rendah sehingga baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Namun, bagi penderita diabetes, mengonsumsi air kelapa berlebih ataupun mengunsumsi minuman olahan air kelapa juga tidak baik untuk tubuh karena mengandung lemak dan gula yang lebih tinggi.

Itu dia manfaat air kelapa yang baik bagi tubuh. Tentunya, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi air kelapa secara berlebih dan minumlah air kelapa steril yang belum melalui proses olahan.

Perlu diingat pula, mengonsumsi air kelapa bukan berarti mengurangi konsumsi air mineral Anda. Akan sangat baik apabila mengonsumsi air kelapa dibarengi dengan konsumsi air mineral yang cukup.

(ruz)
Komentar Via Facebook :