MUI Batam Dukung Putra Siregar Pecahkan Rekor MURI Kurban Terbanyak

Putra Siregar. (Foto: ist)

Batam - Youtuber asal Batam, Putra Siregar bakal mengurbankan 350 hewan kurban di seluruh Indonesia bertepatan pada Hari Raya Idul Adha, 31 Juli 2020 mendatang. Jumlah hewan kurban ini rencananya bakal memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kurban ini sebagai bentuk kepedulian pengusaha muda ini kepada masyarakat yang kurang mampu ataupun sesama. Putra Siregar selama ini dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses yang berangkat dari nol.

Putra Siregar pernah menjadi seorang pengamen, sales parfum keliling, dan pedagang handphone second di Batam. Hingga kini ia memiliki ratusan karyawan di seluruh Indonesia.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada masyarakat di Batam dan seluruh Indonesia," ujar Putra Siregar kepada Batamnews, pekan ini.

Menurut Putra, kurban ini juga sebagai bentuk rasa syukur terhadap rezeki yang telah diberikan kepadanya.

Di samping itu, juga bakal ada pemecahan rekor MURI, dengan kategori penyembelihan hewan kurban terbanyak dari sejumlah masjid, selain itu pembagian paket kurban oleh ojek online terbanyak.

"Jadi ada dua kategori," ujar Nurul Syafitri, Project Manager "Kurban Putra Siregar Peduli".

Mengenai pemecahan rekor MURI ini menurut Nurul sudah mendapat surat persetujuan dari MURI.

Dukungan MUI Batam

 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam mendukung penuh kegiatan tersebut. Ketua MUI Batam Usman Ahmad mengaku sangat mendukung acara tersebut.

"Kita bersyukur kepada Allah ada hamba-hamba Allah seperti Putra Siregar yang memiliki kedermawaan dan jiwa sosial yang tinggi, seperti yang disabdakan Rasulullah. Ada empat pilar kekuatan bumi diantaranya kedermawanan orang kaya, doanya orang mukhoroh, adilnya pemimpin dan ilmunya ulama," ujar Usman.

Usman berharap rezeki yang diperoleh dari jalan dan cara yang halal. Dan berharap kedepannya para dermawan dilancarkan rezekinya.

Dalam Islam, kata Usman, pada Idul Adha ini dilaksanakan setelah turun solat Ied. 

"Kurban dalam syariat sudah diatur untuk satu orang satu ekor kambing, satu ekor sapi untuk tujuh orang, tapi ada orang yang peka dan murah hati, mudah-mudahan hewan kurban ini diserahkan ke karyawan dan karyawan bisa mengajak tetangga, orangtua, dan lainnya," ujar dia.

Usman juga berpesan agar syarat-syarat berkurban juga harus jelas. Baik usia hewan kurban, kesehatannya, serta penerima hewan kurban.

"Pemotong hewan kurban juga harus orang berpengalaman, dan itu sangat penting," ujar Usman.

Dia juga mendoakan agar Putra Siregar diberi kesehatan dan usahakan semakin diberkahi.

Prosesi pemotongan hewan kurban ini juga akan disiarkan langsung melalui media sosial. Rencananya acara tersebut akan dihadiri Plt Gubernur Kepri dan Wali Kota Batam dan Ketua MUI Kota Batam.

(ude)