Luar Biasa, Putra Siregar Raih Gold Play Button 1 Juta Subscriber YouTube

Luar Biasa, Putra Siregar Raih Gold Play Button 1 Juta Subscriber YouTube

Putra Siregar (kanan) bersama CEO Batamnews Muhammad Zuhri menunjukkan Gold Play Button dari YouTube. (Foto: Dyah/batamnews)

Batam - Filantropis sekaligus YouTuber asal Batam, Putra Siregar mencatatkan dirinya sebagai peraih Gold Play Button dari YouTube. Penghargaan itu diraihnya pada Desember 2019 lalu.

Untuk mendapatkan Gold Play Button, seorang YouTuber harus memiliki 1 juta subscribers di kanal YouTube miliknya. Dan, Putra Siregar bisa memiliki subscribers dengan enam digit di belakang angka utama.

Prestasi ini diperoleh Putra setelah berkecimpung di dunia YouTube selama 3 tahun. Dia sempat tidak menyangka bisa mendapatkan prestasi ini. 

"Kami awalnya tak nyangka sih bisa dapat ini. Perjuangan paling berat itu nyari tim kreatif, terutama editor yang pendekatannya paling susah," kata Putra saat mengunjungi Batamnews, Sabtu (14/3/2020). 

Selain soliditas tim kreatif, Putra juga dihadapkan pada tantangan untuk membuat konten. Tentunya konten harus berbeda, menarik dan menginspirasi para pengikut maupun pengakses YouTube.

Konten yang dibuatnya selalu harus 'fresh'. Tujuannya agar penonton tidak bosan dan selalu berminat untuk melihat karya yang dirilisnya. 

"Saat ini algoritma Youtube itu sudah berbeda, dulu mungkin saya sempat memasukkan semua konten dalam YouTube. Tapi saat ini kita harus membuat yang berbeda, karena yang dilihat orang adalah kualitas dan personal branding," ujar Putra. 

Raihan Gold Play Button ini tentu juga berimbas pada pendapatan Putra dari monetize kanal YouTube. Jika dulu saat masih menggenggam Silver Play Button, dia mengantongi puluhan juta rupiah, namun kini Putra bisa meraup ratusan juta rupiah.

Akan tetapi, Putra berkomitmen akan membagikan seluruh seluruh penghasilan akun YouTube Putra Siregar Merakyat, kepada semua orang yang ditemuinya. 

Hal ini dilakukan Putra sebagai wujud rasa syukur, serta pembuktian bahwa dia membangun kanal YouTube bukan semata-mata karena uang. Melainkan, untuk berkarya dan berbagi kisah hidup yang mungkin bisa memberikan inspirasi untuk orang lain. 

"Kami mau buat cetak rekor MURI membagikan semua hasil YouTube ratusan juta. Walaupun saya juga punya karyawan dan mengeluarkan biaya produksi," ujar dia. 

Putra mengaku sangat terinspirasi dengan isi surat yang ditandatangani Susan Wojcicki selaku CEO YouTube. 

Dalam suratnya, Susan menyebut para peraih Gold Play Button termasuk Putra, lebih besar dari Vancouver, Venesia bahkan Las Vegas.

Maksud dari perkataan tersebut adalah, Putra memiliki pengikut di YouTube melebihi jumlah penduduk di tiga kota yang ada di Kanada, Italia dan Amerika Serikat itu.

Susan juga menyatakan kekaguman kepada peraih Gold Play Button, sembari mengingatkan mereka terus bersikap berani, bermimpi besar dan berkarya untuk menginspirasi semua pihak.

"Target saya pengen punya wadah yang lebih besar dari Las Vegas untuk membagikan cerita saya. Karena cerita saya ini juga berkah dari Tuhan," tuturnya. 

Putra membeberkan, selama tiga tahun biaya untuk produksi konten YouTube saat ini sudah mencapai Rp 1 miliar. Sedangkan penghasilan Youtube belum masih berada di kisaran ratusan juta saja. 

Dari sini dia menunjukkan bahwa YouTube benar-benar menjadi wadah untuk berkarya. Setelah peroleh Golden Play Button, dalam 2 hingga 3 tahun ke depan, Putra menargetkan menggenggam Diamond Play Button, dengan subscribers yang lebih banyak lagi yakni 10 juta. 

"Untuk Youtuber pemula tetap semangat, kalau saya bisa kalian juga pasti bisa. Banyak kolaborasi jangan malu jangan gengsi, tingkatkan kualitas lagi dan personal branding," ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews