Deretan Kepala Daerah Positif Corona: Ada yang Dirawat, Sembuh dan Meninggal Dunia

Deretan Kepala Daerah Positif Corona: Ada yang Dirawat, Sembuh dan Meninggal Dunia

Almarhum Syahrul, mantan Wali Kota Tanjungpinang yang meninggal dunia akibat Corona.

Jakarta - Kasus positif Corona di Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Hingga Kamis (16/7/2020), tercatat ada 81.668 kasus.

Dari angka tersebut, ada sejumlah kepala daerah yang terjangkit virus Covid-19. Mereka ada yang menjalani perawatan, dinyatakan sembuh dan bahkan meninggal dunia.

Berikut 10 kepala daerah di Indonesia yang dinyatakan positif Corona, seperti dikutip Batamnews dari detikcom, Jumat (17/7/2020).

1. Wali Kota Bogor Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto positif terinfeksi virus Corona setelah menerima hasil tes swab kemarin (19/3/2020). Bima Arya kemudian menjalani perawatan di RSUD Kota Bogor.

Bima Arya dinyatakan sembuh dari Corona paaa Sabtu (18/4/2020). Dia bersyukur setelah dokter menyatakan dirinya sembuh sepenuhnya dari virus Corona.

"Dokter menyatakan saya sudah sembuh dari COVID-19," kata Bima Arya saat dihubungi detikcom, Sabtu (18/4/2020).

2. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana juga dinyatakan positif Corona pada Maret laul. Cellica mengumumkan kepada publik melalui video yang ia unggah di Instagram (IG) story.

"Saya sendiri pun yang nggak bergejala, dinyatakan positif," ucap Cellica dalam videonya itu sebagaimana dilihat detikcom, Selasa (24/3/2020).

Cellica Nurrachadiana dinyatakan sembuh pada 14 April 2020. Dia mengabarkan dirinya telah sembuh dari virus Corona dengan menunjukkan hasil kedua tes swab negatif.

3. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

 

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana positif terjangkit virus Corona atau COVID-19. Kabar tersebut dia umumkan secara langsung melalui akun Instagram pribadinya, Senin (23/3/2020).

"Saya Yana Mulyana Wakil Wali Kota Bandung setelah mengalami demam dan melakukan tes Corona Covid-19 beberapa hari lalu dan hari ini hasilnya telah keluar, dinyatakan saya positif Corona Covid-19," ujarnya dengan napas tersengal-sengal.

Setelah diisolasi lebih dari 10 hari di RS Hasan Sadikin Bandung, Yana dinyatakan sembuh atau negatif virus corona (COVID-19). Dia mengumumkan kesembuhan itu lewat unggahan video di Instagram nya, Jumat, (27/3/2020).

4. Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor

Bupati Morowali Utara, Sulawesi Tengah Aptripel Tumimomor meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis di rumah sakit rujukan Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Jenazah kemudian dimakamkan dengan prosedur tetap COVID-19.

"Benar atas permintaan keluarga, jenazah almarhum Bupati Morut Aptripel Tumimomo dimakamkan di pekuburan Gowa dengan SOP standar penguburan COVID-19, pagi tadi," kata Jubir COVID-19 Sulteng Haris Karimin, saat dimintai konfirmasi, Jumat (3/4/2020).

Hasil Swab akhirnya telah diterima oleh pihak keluarga pada Jumat (3/4) malam.

"Dari hasil Swab test laboratorium RS. dr. Wahidin, hasilnya terkonfirmasi positif virus Corona. Dan hasil koordinasi dengan Humas dan protokol Pemda Morut, informasi ini harus segera disampaikan kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan, dan untuk tidak panik namun tetap waspada," ungkap Camat Petasia Gatot Seuailo Budianto dalam pesan rilis yang disebar pada Sabtu (4/3/2020) dini hari.

5. Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin juga sempat dinyatakan positif terkena virus Corona (COVID-19). Fairid mengaku tidak tahu tertular di mana.

"Saya juga nggak tahu ni kenanya dari mana, kemarin kita sebenarnya sedang membahas ini, buat semacam pembatasan skala kelurahan humanis, diperketat di 6 kelurahan zona merah dan 2 zona kuning. Itu sudah hampir mau berlaku, lagi persiapan segala sesuatu, bantuan sosial sama masyarakat. Nah kebetulan lagi seperti itu, ya saya juga tidak menyangka," kata Fairid saat dihubungi, Selasa (28/4/2020).

Fairid dinyatakan sembuh pada Rabu (20/5/2020). "Iya benar, Pak Wali sudah sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan terakhir kami kemarin," kata Direktur Rumah Sakit Doris Sylvanus (RSDS) Yayu Indriaty seperti dilansir Antara.

6. Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara

 

Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara positif terinfeksi virus Corona (COVID-19) diketahui dari hasil pemeriksaan swab di laboratorium di Makassar. Pernyataan Victor mengenai dirinya yang terinfeksi virus Corona itu direkam melalui video di ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Lakipadada, Kamis (16/4/2020).

Victor dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah menjalani 13 hari perawatan intensif di ruang isolasi khusus RSUD Lakipadada, Tana Toraja.

"Selama menjalani perawatan di RSUD Lakipadada, Victor kembali menjalani 2 kali tes PCR swab untuk memastikan masih ada atau tidak virus Corona dalam dirinya. Dari dua kali tes PCR swab susulan itu dengan jeda waktu yang berbeda, hasilnya semua negatif," kata Direktur RSUD Lakipadada, dr Syafari Mangopo, Rabu (29/4/2020).

7. Wali Kota Tanjungpinang Syahrul

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul juga dinyatakan positif Corona. Syahrul sebelumnya dilarikan ke RSUD Ahmad Tabib untuk menjalani perawatan pada Sabtu (11/4). Sebelum dilarikan ke RSUD, Syahrul menjalani tes swab untuk mengetahui ada-tidaknya virus Corona (COVID-19).

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengumumkan hasil tes PCR dan swab Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, keluar 3 hari setelahnya. Syahrul dinyatakan positif terjangkit Corona. Syahrul meninggal dunia pada Selasa (28/4/2020).

8. Bupati Melawi Panji

Bupati Melawi, Kalimantan Barat, Panji positif virus Corona (COVID-19) pada 1 Juni 2020. Panji mengatakan dia termasuk orang tanpa gejala (OTG).

"Tanggal 1 Juni 2020 kami dinyatakan positif. Karena kami masuk kategori OTG, sesuai panduan penanganan yang ada, kami saat ini segera melakukan tindakan isolasi diri secara ketat di rumah. Tentu di bawah pengawasan dokter paramedis, kemudian forum pimpinan kecamatan," kata Panji lewat video yang diunggah ke akun Facebook pribadinya, seperti dilihat detikcom, Selasa (2/6/2020).

Lalu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengumumkan Panji sembuh dari corona pada 20 Juni 2020. Sutarmidji menyampaikan itu lewat akun media sosialnya.

9. Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi juga dinyatakan positif terpapar Corona (COVID-19). Saat ini, Hadi tengah menjalani isolasi mandiri untuk kesehatannya bersama keluarga.

"Mohon doa, saya positif COVID-19. Alhamdulillah kondisi baik-baik saja. Tidak batuk, tidak demam, dan tidak sakit kepala. Saat ini diminta isolasi mandiri di rumah," jelasnya saat dikonfirmasi pada Rabu (15/7/2020).

10. Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Soliehin Abuasir

Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Soliehin Abuasir dinyatakan positif COVID-19 pada Rabu (15/7/2020). Abu dinyatakan positif setelah hasil swab test dirilis Balai Besar Paboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

"Beliau (wakil bupati) dinyatakan positif COVID-19 itu 2 hari lalu setelah hasil swab test BBLK keluar," kata sekretaris Satgas COVID-19 OKU Selatan, Doni Agusta, Jumat (17/7/2020).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews