Bandara Hang Nadim Kini Miliki Ruang Pemantau Khusus

Bandara Hang Nadim Kini Miliki Ruang Pemantau Khusus

Bandara Hang Nadim, Batam.

Batam – Bandara Internasional Hang Nadim Batam, memiliki ruangan khusus yaitu watchroom untuk memantau kondisi area Bandara. 

Watcroom ini digunakan oleh tim Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Hang Nadim Batam untuk memantau aktivitas di area bandara dan landasan pacu.

Walaupun Bandara Hang Nadim memiliki tower Air Traffic Control (ATC), yang telah terhubung langsung, namun personel PKP-PK tetap melakukan pemantauan dari watchroom. 

“Ruangan ini digunakan untuk memantau pergerakan pesawat di movement area, radius ujung runway / binocular, Radio receiver serta public addres sistem,” kata Direktur Badan Usaha Bandara Udara dan TIk Hang Nadim Batam. 

Pemantauan tersebut dilakukan agar, jika terjadi kecelakaan di area bandara atau kebakaran, personel PKP-PK bisa bergerak dengan cepat. 

Area watchroom juga diletakkan lebih tinggi dari kantor personel PKP-PK, hal itu berfungsi agar memudahkan tim dalam pemantauan. 

Dengan adanya dua tim pemantauan, personel PKP-PK yang bertugas di watchroom dan petugas tower ATC akan melakukan pemantauan bersama dan saling kroscek yang terjadi di sekitar Bandara. 

Radio receiver dan public addres sistem juga harus selalu hidup agar jangkauannya bisa memantau hingga ujung landasan pacu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews