Polsek Dabo Singkep Jadikan Desa Tanjung Harapan di Lingga Kampung Tangguh

Polsek Dabo Singkep Jadikan Desa Tanjung Harapan di Lingga Kampung Tangguh

Polsek Dabo Singkep menjadikan Desa Tanjung Harapan sebagai Kampung Tangguh (Foto:ist)

Lingga - Kepolisian Sektor (Polsek) Dabo Singkep, menjadikan Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) sebagai `Kampung Tangguh`. Ini merupakan salah satu inovasi Polsek Dabo dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) di wilayah hukumnya.

Dipilihnya Desa Tanjung Harapan menjadi kampung tangguh aman dan sehat dikarenakan aktif dalam penanganan Covid-19 serta linmas yang aktif di lingkungannya, sehingga jarang terjadi tindak pidana kejahatan.

Pembentukan kampung tangguh melibatkan seluruh unsur atau stakeholder termasuk masyarakat yang menjadi ujung tombak dalam inovasi ini. Karena sebaik apapun program tanpa partisipasi masyarakat tidak akan sukses dan bermanfaat.

"Kampung aman dan sehat ini merupakan upaya melawan corona berbasis lingkungan RT/RW. Masyarakat secara langsung dilibatkan untuk menjaga kampungnya dari penularan corona," kata Kapolres Lingga AKBP Boy Herlambang melalui Kapolsek Dabo Singkep AKP Ahmad Wahyudi, Senin (13/7/2020) kemarin.

Dalam pelaksanaannya, saat memasuki kampung ini masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Misalnya mencuci tangan dengan sabun, wajib masker, pemberlakuan jam malam dan tersedianya rumah karantina.

"Saya berharap berbagai pihak yang terlibat terutama masyarakat mampu melaksanakan edukasi protokol kesehatan Covid-19,  menciptakan empathy building dan social bonding serta semua desa di wilayah hukum Polsek Dabo Singkep nanti nya akan mengikuti Program Kampung Aman dan sehat ini sehingga tidak terjadi penyebaran Covid-19," ujarnya.

Di sela-sela pembuatan kampung tangguh aman dan sehat ini, Polsek Dabo Singkep juga memperagakan pembuatan alat pelindung muka secara hemat dan mudah terjangkau oleh masyarakat. Turut Hadir dalam Kegiatan tersebut, Kapolsek Dabo Singkep, Camat Singkep, Kades Tanjung Harapan,. Kasi Sosial, serta Kepala Puskesmas Dabo Lama.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews