Waduh, WHO Akui Bukti Penularan Covid-19 di Udara

Waduh, WHO Akui Bukti Penularan Covid-19 di Udara

Pentingnya jaga jarak untuk menghindari droplet virus corona. (Shutterstock)

Para ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini telah mengakui ada 'bukti yang muncul' bahwa virus corona (Covid-19) dapat menyebar melalui udara.

Penularan Covid-19 melalui udara terutama di tempat-tempat ramai, tertutup, dan berventilasi buruk, 'tidak dapat dikesampingkan'.

Badan PBB sebelumnya mengatakan virus menyebar terutama melalui tetesan yang dikeluarkan dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi. Ini dengan cepat tenggelam ke tanah tetapi bisa mendarat di hidung atau mulut orang lain di dekatnya. Mereka juga mendarat di permukaan, tempat virus dapat ditangkap.

Tetapi ada seruan bagi WHO untuk memperbarui panduannya untuk memperingatkan bahwa infeksi dapat tetap ada di udara dan dihirup oleh orang lain.

Penularan melalui udara berarti bahwa virus dapat menyebar dalam jumlah sangat kecil, sehingga mereka dapat melayang di udara dan tidak jatuh setelah didorong oleh batuk atau bersin.

Pertimbangan WHO mengikuti 239 ilmuwan di 32 negara yang menulis kepada badan PBB yang memintanya untuk mengakui bukti yang berkembang bahwa virus itu mengudara.

Seorang profesor yang menandatangani surat kabar mengatakan akan ada kekhawatiran untuk memberi label virus di udara karena dapat menyebabkan kepanikan.

 

Dr Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis untuk Covid-19 di WHO, membenarkan agensi tersebut sedang meneliti teori bahwa bug itu dapat menyebar melalui udara.

"Kami telah berbicara tentang kemungkinan transmisi melalui udara dan transmisi aerosol sebagai salah satu mode transmisi Covid-19," katanya dilansir Dailymail, Minggu (12/7/2020).

Berbicara pada briefing Selasa (7/7/2020), di Jenewa, Benedetta Allegranzi, pimpinan teknis WHO untuk pencegahan dan pengendalian infeksi, mengatakan ada bukti yang muncul dari penularan melalui virus corona melalui udara, tetapi itu tidak definitif.

"Kemungkinan penularan melalui udara dalam pengaturan publik - terutama dalam kondisi yang sangat spesifik, padat, tertutup, pengaturan berventilasi buruk yang telah dijelaskan, tidak dapat dikesampingkan," katanya.

"Namun, bukti perlu dikumpulkan dan ditafsirkan, dan kami terus mendukung ini."

Ada lebih dari setengah miliar kematian akibat virus di seluruh dunia sejak pandemi mematikan mencengkeram dunia.

Hingga kini WHO telah menegaskan bahwa jalur utama penularan virus corona adalah melalui tetesan yang terinfeksi dikeluarkan ketika seseorang batuk atau bersin.

 

Karena tetesannya berukuran besar, mereka jatuh karena gravitasi dalam satu meter atau lebih. Kepala kesehatan mengatakan menangkap virus dapat dihindari dengan menjaga jarak yang aman - setidaknya 1,5 meter - dari orang lain.

Tetesan yang sarat virus dapat mendarat langsung ke hidung atau mulut orang lain jika tidak terperangkap dalam tisu. Atau, mereka jatuh dan mendarat di permukaan, tempat ia bisa hidup hingga tiga hari.

Jika orang lain menyentuh permukaan yang terkontaminasi, virus dapat berpindah ke tangan mereka. Itu hanya membuat mereka menyentuh mata, mulut, atau hidung mereka agar virus masuk ke dalam tubuh. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mencuci tangan secara teratur.

Penyakit yang ditularkan melalui udara adalah penyakit di mana kuman dari napas, bersin, atau batuk seseorang dapat bertahan di udara dan menempuh jarak lebih dari satu meter.

Kuman tersebut terkandung dalam tetesan dalam ukuran sangat kecil, berdiameter kurang dari 5 μm dibandingkan dengan tetesan pernapasan yang dapat sebesar 10 μm dengan diameter, disebut aerosol. Contoh aerosol termasuk debu, asap rokok atau kabut dari kaleng deodoran.

Campak dan TBC adalah penyakit yang ditularkan melalui udara. Mereka dapat menyebar dari jarak jauh, lebih dari satu meter, dan bahkan setelah pasien menular telah meninggalkan ruang fisik, karena aerosol mereka tetap berada di udara untuk jangka waktu yang lama.

Setiap perubahan dalam penilaian WHO terhadap risiko penularan dapat memengaruhi sarannya saat ini untuk menjaga jarak satu meter dari yang lain.

Pemerintah, yang bergantung pada WHO untuk kebijakan pedoman, mungkin juga harus menyesuaikan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk membatasi penyebaran virus.

 

Selama berbulan-bulan, menjaga jarak secara fisik dari orang lain dan mencuci tangan secara teratur telah dianggap sebagai kunci untuk meminimalkan risiko terkena Covid-19.

Dengan penyakit yang ditularkan melalui udara, langkah-langkah ini akan tetap vital. Tetapi penggunaan masker wajah dan ventilasi dalam ruangan yang tepat, yang akan mencairkan aerosol pembawa virus, bisa menjadi lebih penting.

Sistem ventilasi di sekolah, panti jompo, tempat tinggal, dan bisnis mungkin perlu menambahkan filter baru ke unit pendingin udara mereka.

Keith Neal, profesor emeritus epidemiologi penyakit menular, Universitas Nottingham, mengatakan:

"Penularan aerosol tidak dapat dikesampingkan tetapi kita perlu tahu rute mana yang penting sebagai risiko infeksi. Sampai kita melakukan sosialisasi jarak, etiket batuk dan mencuci tangan tetap penting. Kita mungkin pindah ke lebih banyak penutup wajah di dalam ruangan tetapi buktinya belum ada," katanya.

Dr Julian Tang, Associate Professor Ilmu Pernafasan di University of Leicester, mengatakan bahwa virus itu mengudara akan memungkinkan dan mendorong berbagai intervensi.

"[Ini termasuk] meningkatkan sistem ventilasi kami dan menjaga jendela tetap terbuka - untuk menghilangkan / melarutkan virus yang ada di udara untuk mencegah konsentrasinya menumpuk di dalam ruangan; lebih waspada dengan APD kami," terangnya.

Dr Tang menambahkan bahwa pemakaian masker N95 yang dikenakan oleh petugas kesehatan dan dapat menyaring semua partikel berukuran, mungkin diperlukan di seluruh rumah sakit, dan tidak hanya bagi mereka yang bekerja dalam jarak sangat dekat dengan pasien Covid-19.

"Pilihan lain termasuk pengenalan teknologi pembersih udara, seperti sinar ultra-violet (UV germicidal), mengurangi kepadatan di tempat-tempat umum dan di transportasi umum," katanya.

Van Kerkhove mengatakan, WHO akan mempublikasikan ringkasan ilmiah yang merangkum pengetahuan tentang cara penularan virus dalam beberapa hari mendatang.

"Paket intervensi yang komprehensif diperlukan untuk dapat menghentikan penularan. Ini tidak hanya mencakup jarak fisik, itu juga termasuk penggunaan masker yang sesuai di pengaturan tertentu, khususnya di mana Anda tidak dapat melakukan jarak fisik dan terutama untuk petugas kesehatan," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews