Satu Warga Tanjungpinang Positif Covid Usai Perjalanan dari Afrika

Satu Warga Tanjungpinang Positif Covid Usai Perjalanan dari Afrika

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Satu kasus tambahan dilaporkan Tim Gugus Tugas Covid19 Tanjungpinang, Jumat (10/7/2020).

Plt Wali Kota Tanjungpinang dalam keterangan tertulis menyebut, penambahan tersebut merupakan warga Tanjungpinang.

"Sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR yang baru kami terima. Yang bersangkutan merupakan pasien ke 28 Kota Tanjungpinang, 45 hari setelah kasus terakhir terkonfirmasi," ucapnya.

Identitasnya yakni Su (52 tahun), laki-laki, Warga Jl R.H Fisabilillah, Kelurahan Batu Sembilan Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Su merupakan Penumpang pesawat Garuda Airlines pada tanggal 8 Juli 2020.

Turun pesawat Garuda, pasien langsung ke RSUD RAT untuk melakukan Rapid Test antibodi dengan hasil reaktif.

"Pasien langsung dikarantina di Rumah Singgah dan hasil laboratorium PCR tanggal 9 Juli 2020 hasilnya positif," sebut Rahma.

Pemeriksaan RDT dan PCR ini dilaksanakan secara mandiri oleh yang bersangkutan atas kesadaran sendiri karena baru melakukan perjalanan dari negara dan daerah terjangkit sebelum pulang ke rumah.

"Berdasarkan hasil Penyelidikan Epidemiologi didapatkan bahwa Tn. Su datang dari Kongo (Afrika) dan melakukan transit di Perancis, Qatar dan Jakarta," sebutnya.

Selama di perjalanan Su tetap melakukan sosial distancing dan memakai masker. Sebelum berangkat dari Kongo, Su telah melakukan pemeriksaan PCR dengan hasil negatif pada tanggal 3 Juli 2020.

Setiba di Bandara Soekarno Hatta tidak dilakukan RDT. Su sempat menginap 2 hari di Hotel Ibis Style Bandara Soetta. Ia melakukan perjalanan dari Kongo ke Jakarta bersama 1 orang temannya yang tinggal di Jakarta.

"Saat ini tidak ada gejala Covid-19 yang dirasakan oleh Tn. Su. Semoga Allah SWT memberkati kita dan melindungi kita semua," ujar Rahma.

(fox)