3 Tips Mengubah Kebiasaan Boros

3 Tips Mengubah Kebiasaan Boros

Ilustrasi

Jakarta - Bersikap hemat adalah hal yang penting dalam kehidupan. Apalagi saat terjadi hal-hal yang di luar yang mengharuskan mengeluarkan uang, tentu sikap hemat akan terasa manfaatnya.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda harus mulai belajar bersikap lebih hemat dalam membelanjakan uang dan mulai menabung. Bagi Anda yang merasa boros, bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

1. Tetapkan tujuan penghematan

Orang-orang sulit berhemat karena mereka tidak memiliki tujuan dari penghematan itu. Cobalah untuk membuat rencana, misalnya menyimpan uang untuk membeli mobil, rumah, atau sebagainya. Dengan ini, Anda akan semakin berhati-hati dalam membelanjakan uang.

2. Rencanakan anggaran

Pantau terus pengeluaran dan pemasukan, seiring waktu Anda akan mengetahui berapa banyak uang yang dihabiskan per hari, minggu, bulan, hingga tahun. Anda bisa menganalisis apakah pengeluaran dan pemasukan sebanding, berapa uang yang tersisa, dan sebagainya. Pastikan Anda tidak melakukan pengeluaran lebih dari yang Anda hasilkan.

3. Seimbangkan sebelum Anda menghabiskan uang

Bayar semua tagihan sebelum membelanjakan apapun. Saat Anda tidak mengetahui kondisi keuangan, Anda akan cenderung menghabiskan uang secara sembrono. Menyeimbangkan dana yang dimiliki akan memberikan motivasi untuk menghindari pengeluaran terlalu banyak.

Itu lah 3 tips yang bisa Anda lakukan agar kebiasaan buruk boros bisa Anda lakukan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews