NASA Siapkan Rp 500 Juta Buat yang Bisa Desain Toilet di Bulan

NASA Siapkan Rp 500 Juta Buat yang Bisa Desain Toilet di Bulan

Ilustrasi

Jakarta - NASA ingin misi ke Bulan berjalan lancar sehingga toilet yang bisa berfungsi sempurna pun diperlukan.

Dikutip dari CNN, ada total hadiah USD 35.000 atau sekitar Rp 500 juta yang ditawarkan NASA buat kalian yang bisa mendesain toilet untuk digunakan di Bulan.

Badan antariksa nasional Amerika Serikat ini sudah mencanangkan tujuan ambisius untuk mengirim astronaut kembali ke Bulan pada 2024. Tentu saja, kru penjelajahan Bulan tersebut akan memerlukan toilet selama menajalankan misi.*

*NASA kemungkinan besar mengadaptasi desain toilet yang mirip untuk pendaratan bulan Artemis miliknya. Toilet ini perlu bekerja dengan baik dalam gaya berat mikro ruang, atau nol-g.

Di Bulan, yang gravitasinya adalah sekitar seperenam dari yang kita rasakan di Bumi, sesuai dengan pedoman desain yang diposting oleh NASA dan HeroX, memungkinkan siapa pun menciptakan tantangan untuk memecahkan masalah ini.

Misi ini nantinya memberangkatkan astronaut wanita pertama yang akan mendarat di Bulan. Jadi, toiletnya harus nyaman digunakan pria maupun wanita.

Desain toilet juga harus hemat air dan membantu menjaga lingkungan yang bersih serta bebas dari bau dan kontaminan lainnya.

"Bonus akan diberikan untuk desain yang bisa menangkap muntah tanpa mengharuskan anggota kru meletakkan kepalanya di pingir toilet," tulis NASA pada pedoman lomba desain toilet ini.

Kriteria lainnya, toilet ini bisa mendukung dua astronot selama 14 hari dan memungkinkan untuk transfer limbah yang dikumpulkan ke penyimpanan atau untuk pembuangan di luar kendaraan.

Syarat tambahan, toilet harus mudah dibersihkan, dan hanya perlu daya kurang dari 70 watt. Penyesuaian dengan kondisi luar angkasa juga diperlukan sehingga bobot toilet harus kurang dari 15 kg dari berat di Bumi dan volumenya kurang dari 0,12 meter kubik.

Rumit sekali ya syaratnya. Tapi NASA berjanji hadiah yang diberikannya sangat layak untuk desain toilet terpilih. Akan ada tiga pemenang yang dipilih NASA.

Berturut-turut hadiah untuk pemenang desain pertama, kedua, dan ketiga adalah USD 20 ribu, USD 10 ribu, dan USD 5 ribu. Adapun deadline menyerahkan desain toilet untuk di Bulan ini paling lambat 17 Agustus 2020 dan akan diumumkan pada Oktober.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews