Mendagri: Pemda Wajib Siapkan Anggaran Sukseskan Pilkada 2020

Mendagri Tito Karnavian (Foto:ist/net)

Tanjungpinang - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengingatkan agar pemerintah daerah baik kabupaten maupun provinsi untuk patuh dan taat kepada perintah Undang-undang (UU). Salah satunya yakni, dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

"Pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk menyiapkan anggaran dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada," kata Tito saat Rapat Koordinasi Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan Sekda Kepri TS. Arif Fadillah, Rabu (24/6/2020).

Ia menegaskan, pimpinan daerah wajib mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam menjalankan tugasnya.

"Saya minta kepada rekan-rekan di daerah agar sisa NPHD yang belum dicairkan karena terkendala musibah Covid-19, agar segera direalisasikan. Sehingga KPU dan Bawaslu bisa melaksanakan tahapan Pilkada yang telah berjalan saat ini tanpa hambatan, terutama masalah anggaran," harap Tito.

Sementara itu, Sekda Kepri TS. Arif Fadillah mengatakan, untuk pelaksanaan Pilkada di Kepri saat ini telah berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ditetapkan berdasarkan arahan dari Kemendagri.

"Tahapan pilkada sebelumnya berhenti karena pandemi Covid. Saat ini tahapan Pilkada aktif dan lanjut kembali. Dengan tahapan yang telah dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu kami yakin Pilkada dapat berjalan aman dan lancar pada 9 Desember nanti," kata Arif.

Terkait anggaran pelaksanaan Pilkada, Arif memastikan bahwa Pemprov Kepri akan tetap berkomitmen untuk membantu baik KPU dan Bawaslu, karena tahapan Pilkada yang sudah dimulai kembali tentu butuh dana untuk operasional baik untuk administrasi maupun untuk operasional di lapangan.

"Sampai saat ini NPHD untuk KPU dan Bawaslu telah dicairkan hingga 70 persen lebih, sisanya akan segera dicairkan agar penyelenggara Pilkada ini dapat cepat bergerak melaksanakan tahapan Pilkada sampai ke hari pemilihan dan penetapan pemenang," tuturnya.

(sut)