Positif Covid-19 di Bintan Bertambah, Dua Diantaranya dari Klaster Pertamina

Positif Covid-19 di Bintan Bertambah, Dua Diantaranya dari Klaster Pertamina

Ilustrasi.

Bintan - Tim Gugus Tugas Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Bintan menyatakan tiga warga di kabupaten tersebut positif terpapar Covid-19. 

Ketiga warga itu merupakan pasangan suami istri yaitu EL (38) dan istrinya MR (32) serta seorang pelaut asal Palembang, Sumatera Selatan berinisial R (42).

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dr Gama AF Isnaeni mengatakan tiga orang yang positif itu merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Dua diantaranya memiliki hubungan yaitu pasutri dan seorang lagi pelaut yang merupakan pendatang di Tanjunguban. 

Status positif Corona tersemat ke tiga warga itu setelah hasil swab oleh Prodia dan PCR keluar pada Jumat (19/6/2020).

“Ketiganya di swab oleh tempat yang sama yaitu Prodia. Dengan hasil yang keluarnya juga sama-sama positif Covid-19 semalam,” ujar Gama, Sabtu (20/6/2020).

Untuk pasutri EL dan MR itu merupakan klaster PT Pertamina. Karena sebelumnya pada Mei lalu telah dinyatakan 1 orang pekerja bongkar muat PT Pertamina Rayon Kijang berusia 52 tahun positif Covid-19 namun sudah sembuh setelah dirawat selama 18 hari di RSUP Kepri RAT Tanjungpinang. 

Kini EL dan MR yang berada di Tanjunguban itu juga akan segera dijemput oleh tim medis untuk dirawat lebih lanjut di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kota Tanjungpinang.

Gama meminta kepada pihak PT Pertamina untuk segera melakukan swab terhadap seluruh pegawainya.

“Ini sudah klaster PT Pertamina. Namu  kami belum tau pasutri itu terpapar corona dari mana. Makanya kita tracing,” jelasnya.

Sedangkan pelaut dari Palembang itu sebenarnya hendak berangkat ke Singapura dengan melakukan transit terlebih dahulu di Kota Batam. Selanjutnya dia melakukan cek swab di Prodia karena syarat masuk ke negara berlambang singa itu harus ada surat yang menyatakan bebas Covid-19 melalui PCR.

Sambil menunggu hasil PCR, lalu pelaut itupun mendatangi rumah kakak saudaranya di Tanjunguban, Selasa (16/6/2020). Beberapa hari di sana, Jumat (19/6/2020) hasil PCR keluar dan bersangkutan dinyatakan positif Covid-19.

“Pelaut ini juga segera dirawat di RSUP Kepri RAT di Tanjungpinang,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews