Viral Pohon Berbentuk Ayam Raksasa di Yogya

Viral Pohon Berbentuk Ayam Raksasa di Yogya

Foto: detikom

Yogyakarta - Foto sebatang pohon di Kota Yogyakarta viral di media sosial karena bentuknya yang unik. Pohon disebut berjenis kiara payung yang terletak di sisi utara Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta itu ternyata disebut-sebut berbentuk menyerupai ayam.

Bentuk pohon yang menyerupai ayam itu diunggah oleh akun Twitter @Jogjaupdate.com. Postingan di akun itu pada Rabu (17/6/2020) pukul 11.26 WIB ada 897 orang menyukai postingan itu dan telah di-retweet sebanyak 438 kali.

"Lagi sadar kalau di Jalan Solo setelah XXI Empire ada Pohon bentuk ayam gini @detranium," cuit akun @Jogjaupdate.com Kamis (11/6/2020).

Cuitan itu pun ramai direspons netizen. Salah satunya akun @HermanFranyo yang mencuit, "9th sy tinggal belakang shooter (sekarang hotel Tickle) dan baru sadar stlh lihat foto ini."

Pantauan detikcom di lokasi, pohon itu bentuknya seperti ayam jika dilihat dari sisi timur. Batang pohon tidak benar-benar lurus menyerupai kaki ayam. Sementara itu, bentuk ayam nampak dari formasi daun dan dahan. Citra ayam pun sangat nampak mulai dari bentuk kepala, kemudian bentuk daun yang menyerupai sayap ayam.

Bila dilihat dari sisi selatan sedikit ke timur, pohon tersebut memang berbentuk menyerupai ayam, atau juga burung unta.

Ketika dilihat dari sisi selatan, memang terlihat satu cabang membentuk bagian kepala dan leher. Satu bagian cabang lainnya membentuk ekor dan di antara dua cabang ada dedaunan yang seolah membentuk sayap dan badan ayam.

Salah seorang warga Klitren, Wage (52) mengaku baru mengetahui jika pohon itu berbentuk ayam belum lama ini. "Itu pohon kiara payung, saya juga baru tahu dari teman waktu dia menunjukkan postingan Instagram. Kalau bentuknya itu hanya bisa dilihat dari arah timur," ujar Wage saat ditemui di Jalan Urip Sumoharjo, Rabu (17/6/2020).

 

Dulunya, kata Wage, ada tiga pohon serupa. Selain menyerupai ayam, menurutnya pada waktu-waktu tertentu pohon itu juga menyerupai burung unta.

"Itu kalau pagi atau sore jika dilihat dari timur yang sisi utara seperti burung unta, kalau yang selatan itu ya seperti ayam," ucapnya.

Seorang warga yang beranggapan seperti burung unta yaitu Hesti Triniwati (40). Menurutnya, terdapat bentuk mata dan paruh yang cukup panjang jika diperhatikan dari arah tenggara jalan Urip Sumoharjo.

"Saya pertama lihat juga kaget, seperti burung unta ya? Jadi ada matanya, paruh, ekor serta sayap. Menurut saya batang pohonnya yang menegaskan pohon itu berbentuk hewan," katanya.

Seorang pegawai hotel yang ada di dekat lokasi pohon itu berada, Srimanganti Prapto (70) mengungkapkan bahwa pohon tersebut sudah ada sejak hotel dibangun.

"Jadi saat hotel dibangun, sudah ada pohon itu, mungkin tahun 1970-1971 sudah ada. Tapi jika berbentuk ayam, saya malah baru tahu," tutur Prapto.

Dia menjelaskan bahwa bentuk pohon itu kalau dilihat dari hotel yang berada di utara pohon seperti kuda. Namun, jika dilihat dari seberang hotel berbentuk ayam.

"Kalo dilihat dari dalam hotel seperti kuda. Tapi itu menurut saya, tapi jika dilihat dari seberang hotel memang bentuk ayam, unik juga. Tapi dia terbentuk seperti itu bisa jadi karena proses pemangkasan. Karena dalam tiga bulan terakhir dahan pohon selalu jatuh sendiri," tutupnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews