BMKG: Aktivitas Modifikasi Cuaca Mendukung Terjadinya Hujan di Batam

BMKG: Aktivitas Modifikasi Cuaca Mendukung Terjadinya Hujan di Batam

Modifikasi cuaca. (foto: ilustrasi)

Batam - Tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) bersama Badan Pengusahaan  (BP) Batam mulai melakukan uji coba penyebaran garam diudara sejak Kamis (11/6/2020) pagi. Hal ini menjadi bagian dari teknik modifikasi cuaca.

Hujan yang turun di Batam beberapa hari ini disebabkan oleh belokan angin di sekitar wilayah Kepulauan Riau yang menyebabkan penumpukan massa di udara, namun juga diyakini pengaruh uji coba modifikasi cuaca tersebut.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam Noah Ginting, mengatakan aktivitas tersebut mendukung terjadinya hujan di Kota Batam.

"Secara umum kondisi atmosfer daerah Kepri emang mendukung pertumbuhan awan, tapi karena ada penaburan benih/flare lebih meningkatkan peluang potensi terjadi hujan di Batam," ujar Noah saat dhubungi, Jumat (12/6/2020).

Kondisi hujan tersebut diperkirakan masih akan terjadi pada, Sabtu (13/6/2020). 

Secara umum, kondisi cuaca esok hari diprakirakannya hujan lokal dengan intensitas sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi siang dan dini hari. 

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar waspada terhadap gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1,5-2 meter diwilayah perairan Bintan, Natuna dan Kepulauan Anambas," ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews