Jokowi: Beri Peringatan ke Daerah dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Jokowi: Beri Peringatan ke Daerah dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Jokowi dan Ibu Negara Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Biro Setpres)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, saat ini data-data terkait virus Corona (Covid-19) sudah lengkap. Dia pun meminta agar data tersebut diberikan kepada daerah-daerah yang memiliki kasus tertinggi sebagai bahan rujukan.

"Saya minta kalau data-data sudah bagus seperti itu setiap hari diberikan peringatan kepada daerah-daerah yang kasusnya tertinggi, kematian tertinggi," kata Jokowi saat berkunjung ke Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (10/6/2020).

Menurutnya, dengan diberikan peringatan setiap harinya maka semua daerah memiliki kewaspadaan dalam menangani virus Corona. Dia menjelaskan, data-data yang dimiliki saat ini susah sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dengan adanya data tersebut, maka dengan mudah dapat mengetahui daerah mana saja yang termasuk zona hijau dan zona merah Covid-19. Dengan demikian mempermudah pemerintah daerah menangani penyebaran virus Corona.

"Kita juga sudah menggunakan indikator-indikator yang lengkap basis scientific, WHO. Tadi sudah disampaikan ada kabupaten zona hijau tanpa kasus, kuning risiko kecil, oranye risiko sedang dan merah dengan risiko tinggi," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengungkapkan, jumlah kasus positif Covid-19 terbaru di Tanah Air menyentuh angka 33.076. Terjadi penambahan sebanyak 1.043 kasus hari ini. Data ini berdasarkan hasil pemantauan hari ini, Selasa (9/6/2020) pukul 12.00 WIB.

"Ini sebarannya tidak merata di Indonesia. Sebagai contoh sebaran terbanyak yang kita dapatkan hari ini adalah di Provinsi DKI Jakarta," kata Yurianto dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Gedung BNPB, Jakarta Timur.

Dia melanjutkan, jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 510 kasus hari ini. Dengan demikian, total akumulatif kasus sembuh dari Covid-19 sebanyak 11.414 kasus.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews