Bocah Perempuan di Kavling Senjulung Positif Covid pada Test Swab Kedua

Bocah Perempuan di Kavling Senjulung Positif Covid pada Test Swab Kedua

ilustrasi.

Batam - Seorang anak perempuan berusia 5 tahun dinyatakan positif Covid19 oleh tim medis, Minggu (7/6/2020). Bocah perempuan yang belum bersekolah itu menjadi kasus 158 Kota Batam. Ia masuk dalam klaster HOG Eden Park.

Bocah yang beralamat di Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa itu merupakan anak kandung dari pasien Kasus 134. Kakaknya juga menjadi pasien Kasus 140 sebelumnya.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid19 Batam, HM Rudi menyebutkan, jika kasus 158 ini merupakan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster gereha House of Glory (HOG) Eden Park.

“Pengembangan Cluster HOG Eden Park (Pasien 49 dan Pasien 82), maka pada tanggal 28 Mei 2020 yang bersangkutan bersama keluarganya melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil non reaktif, yang kemudian dilakukan pengambilan swab tenggorokan pada keesokan harinya tanggal 29 Mei 2020 yang hasilnya diketahui pada tanggal 1 Juni 2020 dengan hasil terkonfirmasi negatif. Namun selanjutnya pada tanggal 3 Juni 2020 kembali dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSAB yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi positif," terang Rudi, melalui keterangan tertulis.

Perlu diketahui bahwa yang bersangkutan sudah terlebih dahulu dilakukan perawatan di ruang isolasi RSE-LB sebagai pasien dengan riwayat closed contact dengan ibu dan saudaranya yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif. 

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti," terangnya.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveillance Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh klaster, dapat disimpulkan bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19.

"Masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus yang berkaitan dengan berbagai kluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor. Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19," ujarnya.

 Ia mengimbau seluruh masyarakat mengikuti anjuran pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Selain itu, tetap dirumah saja dan mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup," terangnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews