Pisang Musa Ingens Asal Papua dengan Ukuran Terbesar di Dunia

Pisang Musa Ingens Asal Papua dengan Ukuran Terbesar di Dunia

Pisang Musa Ingens.

Batam - Bicara tentang buah Pisang yang memiliki ukuran paling besar adalah Pisang Musa Ingens. Pisang yang tumbuh di wilayah Papua ini pertama kali ditemukan di Kabupaten Fakfak, Papua pada tahun 1954.

Pada tahun 1989 seorang profesor dan peneliti bernama Jeff Daniels kembali menemukan pohon pisang Musa Ingens.


Tinggi pohon capai 25m.

Tinggi pohon pisang ini disebut bisa mencapai 25m dengan diameter 2m. Sementara, buahnya memiliki panjang 18,20cm dan bentangan daun pisangnya bisa hingga 5m.

Selain di Fakfak, pisang Musa Ingens juga terdapat di Papua Nugini. Pohon pisang langka ini hanya tumbuh di dataran tinggi antara 1,000 sampai 2,000 meter di atas permukaan laut.

Satu tandan pisang bisa memiliki berat 30-60kg. Sangat jauh berbeda dibandingkan pisang biasa. Uniknya satu buah pisang Musa Ingens disebut bisa dinikmati oleh 5-8 orang.


Batang pohon buat tangga

Sayangnya, buah pisang ini disebut memiliki rasa yang hambar serta banyak biji di dalamnya. Namun, hewan sekitar sangat menyukai pisang Musa Ingens.

Karena pohonnya tinggi dan batangnya licin, warga setempat biasanya membuat tangga khusus untuk mengambil buah pisang Musa Ingens.

Pohon pisang ini cukup langka karena proses budidaya yang sangat lama. Untuk memunculkan tunas dari satu biji saja butuh waktu satu tahun.


Tumbuh butuh waktu tahunan.

Jika dibiarkan tumbuh normal, tunas baru sangat jarang ditemukan di dekat pohon induk. Baru memunculkan tunasnya saja butuh waktu tahunan, apalagi menunggu pohon tumbuh dan berbuah.

Karena itulah, saat ini pisang Musa Ingens hanya bisa ditemukan di pedalaman hutan Papua.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews