Lagoi Bintan

[Jurnalisme Warga] Mau Tahu Tentang Lagoi, Coba Baca Ini

[Jurnalisme Warga] Mau Tahu Tentang Lagoi, Coba Baca Ini

Pantai di Lagoi Bintan, Kepri. (Foto: Anaya.com.sg)

Kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang Lagoi..


Apa itu Lagoi..?

Lagoi merupakan Kawasan Wisata Terpadu Eksklusif yang terletak di Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Kawasan ini terkenal akan wisata pantainya yang indah.. Percayalah teman, saya langsung fallin in love sama salah satu pantai di Lagoi ini sejak saya pindah ke pulau ini..
 
Kawasan ini memiliki luas sekitar 23.000 Ha, diresmikan pada tanggal 18 Juni 1996 oleh (Alm.) Presiden Soeharto bersama Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong dengan kontrak selama 70 tahun (entah di mana saya berada pada saat itu) antara Pemkab Bintan dengan pihak pengelola, yaitu PT. Bintan Resort Cakrawala. 
 
Saat ini ada sekitar 9 resort di kawasan wisata Lagoi, yaitu Nirwana Resort Hotel, Indra Maya Villa, Mayang Sari, Banyu Biru, Nirwana Beach Club, Banyan Tree, Angsana, Club Med dan Bintan Lagoon (Bintantourism.com 2010).

Saya sendiri sejak pindah ke pulau ini dari daratan Riau (Pekanbaru) Maret lalu, baru maen-maen ke Pantai Nirwana saja, karena baru pantai itu yang saya tahu terbuka untuk umum. 


Bagaimana caranya supaya nyampe di Lagoi? 

Mmm.. Kalau versi saya sih, pertama-tama harus menginjakkan kaki di Pulau Bintan dulu..
Caranya..? Bisa langsung terbang menuju ibukota Provinsi Kepulauan Riau (Tanjungpinang) lalu menempuh jalan darat ke kawasan wisata Lagoi sekitar 1 jam lebih perjalanan. Atau mampir dulu di kota Batam, lalu dari pelabuhan Telaga Punggur menyeberangi Selat Riau menuju Tanjung Uban (kota Kecamatan Bintan Utara) dengan naik speedboat selama +/- 15 menit (ongkosnya Rp.35.000,-) atau naik kapal penyeberangan Roro selama +/- 1 jam (ongkosnya Rp.14.500,- saja). Setelah sampai di Tanjung Uban dilanjutkan dengan perjalan
an darat ke kawasan wisata Lagoi sekitar 30 menit perjalanan.


Ada apa aja di Lagoi..?

Tentu saja pantai-pantai pasir putihnya yang katanya sebelas dua belasdengan pantai-pantai yang ada di Bali lho. Juga resort-resort yang bertaraf internasional di sepanjang kawasan yang keindahannya sudah mendunia ini
yang serba mahal pastinya  dan tentu saja.. water sport-nya! Ada banana boat, jetski, flying fish, kayaking, snorkelling, diving dan lain-lainnya.

Selain itu, tiga lapangan golf bertaraf internasional yang merupakan salah satu yang terbaik di Asia mengundang wisatawan mancanegara memberikan tambahan pendapatan bagi Pemkab Bintan, sedikitnya Rp 24 miliar setahun. 


Oya, sedikit woro-woro dari saya..
Teman-teman mesti menyediakan budget lebih untuk bisa menikmati berbagai fasilitas yang saya sebutkan tadi. Soalnya rata-rata tarifnya dalam dollar baik dollar Singapura maupun dollar Amerika. 

Tapi tenang saja, kalau teman-teman ada yang seperti saya, abdi negara yang penghasilannya belum seberapa, tetap bisa menikmati keindahan Lagoi koq..

Seperti yang saya sebutkan di atas, ada salah satu pantai (misalnya Nirwana Beach) yang terbuka untuk umum, tidak harus menjadi pengunjung yang menyewa resort di sana *kata seorang teman saya..

Sekian dari saya, salah satu penghuni pulau.
Semoga bermanfaat..
 
sumber: uchie-poenya.blogspot.com
 
 
[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews