Disdik Lingga Semprotkan Disinfektan Ratusan Sekolah Selama Pandemi Covid-19

Kepala Disdik Lingga, Junaidi Adjam usai penyemprotan disinfektan di Desa Mentuda (Foto:ist)

Lingga - Dinas Pendidikan (Disdik) Lingga telah mengerahkan seluruh jajarannya melakukan penyemprotan disinfektan ke sekolah tinggkat SD dan SMP di Negeri Bunda Tanah Melayu. Ada 198 sekolah yang berhasil disemprot Tim Tanggap Covid-19 Disdik Lingga sejak beberapa bulan terakhir.

Kepala Disdik Lingga, Junaidi Adjam mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan oleh Tim Tanggap Covid-19 ke sekolah-sekolah dilakukan selama 4 hari di 7 korwil pendidikan. Satu korwil menaungi dua kecamatan, hanya Kecamatan Senayang yang diwadahi satu korwil.

"Selain bantuan tenaga, tiap sekolah juga diberikan bantuan masker, handsanitizer, sabun cuci tangan, SOS/Karbol, bayclin, superpell atau perlengkapan cairan disinfektan," kata Junaidi, yang hadir langsung pada aksi penyemprotan di sekolah-sekolah di Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, kemarin.

Menurut mantan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga ini, penyemprotan disinfektan dimaksud sebagai bentuk pencegahan dini agar sekolah-sekolah steril dari virus-virus berbahaya, terutama Covid-19.

"Ini upaya-upaya kita agar tetap terlibat dan terjun langsung untuk meminimalisir bahkan mensterilkan sekolah-sekolah," papar dia.

Selain penyemprotan, Tim Tanggap Covid-19 ini juga diamanahkan tugas untuk terus mengawasi prose belajar mandiri peserta didik di rumah. Program penyemprotan yang dimaksud ini juga disejalankan dengan supervisi program belajar di rumah dan monitoring keberadaan kepala sekolah dan guru sebagai tindak lanjut surat Edaran Menpan-RB tentang larangan ASN melakukan Mudik Lebaran.

“Alhamdulillah selama pengawasan ini ditemukan tingkat kepatuhan guru-guru di atas 90 persen," pungkas Junaidi Adjam.

(ruz)