WHO Sebut Virus Corona Tak Akan Hilang, Apa Sebabnya?

WHO Sebut Virus Corona Tak Akan Hilang, Apa Sebabnya?

Ilustrasi

Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa virus Corona mungkin tidak akan pernah bisa hilang dari Bumi. Bahkan kemungkinan Covid-19 akan menjadi penyakit endemik baru seperti HIV.

"Penting untuk mengingat ini: virus ini bisa menjadi virus endemik lain di komunitas kita dan mungkin tidak akan pernah hilang," kata pakar kedaruratan kesehatan WHO, Mike Ryan, dalam pertemuan daring dan dikutip dari SCMP, Kamis (14/5/2020).

Lantas kemungkinan apa penyebab virus Corona tidak bisa hilang dari Bumi?

Menurut ahli penyakit tropik dan infeksi dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Erni Juwita Nelwan, SpPD, ada beberapa kemungkinan penyebab Covid-19 tidak bisa hilang. Misalnya karena strain atau tipe dari virus itu akan selalu berubah-ubah.

"Jadi kemungkinan jenis virus ini (Covid-19) itu berpotensi akan ada terus karena bisa saja strainnya berubah, jenisnya berubah nggak sama persis sama seperti kaya sekarang ini, tapi tetap bisa ada terus," kata dr Erni seperti dilansir Batamnews dari detikcom, Kamis (14/5/2020).

dr Erni juga menjelaskan, selama masih ada kasus penularan virus Corona yang terjadi di antara masyarakat, penyakit ini tidak akan bisa hilang.

"Jadi virus itu uniknya dia bisa ganti-ganti strain. Tapi untuk yang sekarang virus Corona saya tekankan, yang paling bermasalah adalah kalau virus ini masih terus ditularkan dari satu orang ke orang lain di mana pun itu, maka berpotensi dia akan ada terus dan nggak akan hilang," tuturnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews