Alhamdulillah, Besok Tanjungpinang Gelar Salat Jumat Berjamaah

Alhamdulillah, Besok Tanjungpinang Gelar Salat Jumat Berjamaah

Ardiansyah, pengurus Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, Tanjungpinang. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Kabar menggembirakan datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Salat berjamaah, khususnya salat Jumat sudah bisa digelar dengan memperhatikan sejumlah ketentuan.

Daerah yang diperbolehkan melaksanakan salat Jumat berjamaah yakni daerah yang sudah menunjukkan penurunan kasus Corona atau Covid-19.

"Untuk Tanjungpinang sesuai surat edaran itu sudah diperbolehkan untuk melaksanakan salat berjamaah," kata pengurus Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, Ardiansyah, Kamis (14/5/2020).

Menurut Ardiansyah kepastian terkait salat jumat berjamah ini setelah pihaknya menerima surat edaran dari MUI Pusat yang diteruskan oleh MUI Provinsi Kepri.

"Kami pengurus Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, malam tadi telah menerima surat tersebut. Dengan adanya surat itu, Insya Allah kami pada Jumat (15/5/2020) ini akan melaksanakan salat Jumat berjamaah," ujar Ardiansyah.

Pelaksanaan salat jumat di Masjid Nur Ilahi Dompak ini tambah Ardiansyah, nantinya pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap jamaah yang akan mengikuti.

Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan pihak masjid juga telah menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun.

"Kita juga mewajibkan bagi jamaah untuk menggunakan masker, selama pelaksanaan Jumatan tersebut," ujarnya lagi.

Ardiansyah juga mengungkapkan bahwa Majid Raya Nur Ilahi Dompak, sudah 7 pekan, tidak menggelar salat Jumat.

"Bila Jumatan ini terlaksana, maka Jumatan nanti merupakan yang pertama di gelar sejak pembatasan salat berjamaah di masjid," tutur Ardiansyah.

Sementara itu, untuk pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H/2020, pihaknya akan menunggu kepastian dari keputusan MUI Provinsi Kepri. 

"Kita akan patuhi aturan MUI, bila diperbolehkan maka akan dilaksanakan Salat Idul Fitri nanti, mamun bila masih dilarang maka akan kami menaatinya," tutur Ardiansyah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews