Kemenhub Berhasil Lepaskan 1 Kapal yang Kandas di Perairan Batam

Kemenhub Berhasil Lepaskan 1 Kapal yang Kandas di Perairan Batam

Foto: Dok. Kemenhub

Batam - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan terus menyiagakan kapal patroli milik Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di Perairan Batam. Kapal patroli ini bertugas untuk melakukan operasi pengamanan terhadap dua kapal yang kandas di Perairan Batu Berhenti Bagian Utara Pulau Sambu, Batam, Kepulauan Riau.

"Hari ini kami menyiagakan Kapal Patroli KN. Kalimasadha - P.115 untuk melakukan kegiatan operasi pengamanan terhadap 2 kapal yang kandas di Perairan Utara Pulau Sambu," ujar Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban, Capt. Handry Sulfian, dalam keterangan tertulis, Selasa (12/5/2020).

Ia mengungkapkan kapal MV. Samudra Sakti 1 GT. 14.446 telah lepas dari posisi kandas pada pukul 23.00 WIB semalam. Saat ini Kapal MV. Samudra Sakti telah lepas dari posisi kandas di Perairan Batu Berhenti pada saat air pasang dan kapal tersebut menuju posisi berlabuh jangkar di daerah yang aman.

"Saat ini Kapal MV. Samudra Sakti pada posisi 01° 11' 122" N - 103° 57' 054" E dan berlabuh jangkar ke arah timur dengan jarak kurang lebih 4 mill dari posisi kandas ke posisi lego jangkar," katanya.

Lebih lanjut, Handry mengatakan kapal patroli KN.Kalimasadha - P.115 tetap disiagakan di perairan sekitar lokasi terjadinya musibah kapal tersebut. Komandan dan kru kapal patroli KN. Kalimasadha - P.115 saat ini sedang melaksanakan pengawasan terhadap kapal MV. Sharaz GT. 74.175 yang kandas di perairan Batu Berhenti dan terus melakukan koordinasi dengan VTS Batam dan KSOP Tanjung Balai Karimun.

"Saat ini juga rencananya akan dilakukan survei oleh KSOP Tanjung Balai Karimun," tutupnya.

Sebelumnya, Vessel Traffic Services (VTS) Batam melaporkan ada dua kapal yang kandas pada hari Senin (11/5) pukul 02.00 LT di Perairan Batu Berhenti, Pulau Sambu, Batam, Kepulauan Riau. Kedua kapal itu yaitu kapal kontainer, MV. Sharaz, dan kapal bulk carrier, MV. Samudra Sakti.

Adapun kapal MV. Samudra Sakti dilaporkan kandas pada posisi 01° 11' 097" N - 103° 52' 905" E dan kapal MV. Sharaz kandas pada posisi 01° 11' 25" N - 103° 52' 854 " E.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews