Dua Kapal Kargo Kandas di Perairan Batam

Dua kapal kargo kandas di perairan Batam (Foto:istimewa)

Batam - Dua kapal kargo kandas di Perairan Batu Berhenti, Sambu, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (11/5/2020) sekitar pukul 03.00 WIB. Kedua kapal yang diketahui berbendera Iran dan Indonesia itu yakni, kapal kargo Iran Sharaz dan MV. Samudra Sakti I.

Kepala Pos SAR Batam, Ronaldi membenarkan kejadian tersebut. Kata dia, kedua kapal itu hingga saat ini masih berada di perairan tersebut.

“Benar ada dua kapal yang kandas,” ujarnya ketika dihubungi Batamnews, Senin (11/5/2020).

Untuk kondisi kapal, Ronaldi menyebutkan bahwa kedua kapal hanya mengalami kerusakan ringan. Satu kapal berbendera Iran mengalami kebocoran di bagian bawah.

“Satu kapal mengalami kebocoran dibagian bawah, tapi hanya kebocoran kecil. Yang satu lagi tidak ada masalah, crew kapal juga tidak ada kenapa-kenapa,” katanya.

Untuk saat ini, kapal yang mengalami kebocoran sedang proses perbaikan. “Perbaikan ringan saja, sekarang hanya nunggu air pasang biar bisa bergerak lagi,” pungkas Ronaldi.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Mu’min mengatakan, informasi kadasnya dua kapal berbendera asing dan Indonesia itu diperoleh dari Email MPA Singapura.

"Dari Informasi itu tim gabungan langsung bergerak melakukan operasi," katanya.

Adapun unsur yang terlibat dalam operasi itu yakni, Tim SAR Pos Batam, bersama tim gabungan KSOP Sekupang, Bakamla, Polair Polda Kepri, VTS Batam, dan PLP Tanjung Uban.

(ude/adi)