Pelni Berharap 14 Kru KM Kelud Lainnya di RS Galang Segera Sembuh Corona

Sebanyak 15 kru KM Kelud dipulangkan, Minggu (3/5/2020). (Foto: ist/Batamnews)

Batam - Dari 29 kru KM Kelud yang dirawat di RS Galang, sebanyak 15 orang sudah dinyatakan sembuh. Saat ini, 14 kru lainnya masih menjalani perawatan intensif.

Kepala RS Khusus Galang, Kolonel CKM Khairul Ihsan menyebutkan dari hasil swab mereka bervariasi, beberapa diantaranya ada yang masih positif sedangkan yang lain masih negatif satu kali.

"Yang lain sedang menunggu hasil swab ulang kedua kali, kalau hasilnya negatif lagi maka bisa segera dipulangkan," jelasnya.

Semenjak dirawat di RS Galang, kondisi pasien dalam keadaan stabil dan hanya mengeluhkan demam. Namun hal itu segera bisa diatasi.

Dalam penanganan pasien, Ihsan mengatakan pihaknya menekankan untuk kesehatan mental disamping juga melakukan pengobatan penyakit. "Gizinya diperhatikan, selalu diberikan support supaya sembuh," katanya.

Kepala Cabang Pelni Batam, Agus Suprijatno menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak rumah sakit karena memberikan perawatan kepada kru kapal mereka.

"Ini gelombang kedua yang kami jemput, sebelumnya 11 orang kru kapal yang dinyatakan negatif sudah kami jemput terlebih dahulu," ujar Agus pada kesempatan yang sama.

Seperti diketahui, 40 kru kapal dilakukan rapid test saat kapal itu tiba dari Jakarta di Pelabuhan Batu Ampar, Batam. Hasilnya mereka dinyatakan reaktif. Namun setelah dilakukan tes swab dengan PCR, 11 orang dinyatakan negatif dan 29 orang dinyatakan positif Covid-19 kala itu.

Terhadap 15 kru kapal yang dipulangkan hari ini, Agus menyampaikan akan dipulangkan berdasarkan domisili mereka masing-masing.

Ada yang bisa segera diangkut dengan menggunakan kapal menuju Medan, sebagian lagi masih menunggu kapal menuju Jakarta.

"Mudah-mudahan sisa kru kapal kami (14 orang) yang masih dirawat juga bisa dinyatakan sembuh," kata dia.

(ret)