4 Cara Melindungi Lansia dari Paparan Virus Corona

Ilustrasi

Jakarta - Berdasarkan data dari organisasi kesehatan dunia (WHO), jumlah kematian tertinggi akibat virus Corona berasal dari golongan orang lanjut usia (lansia). Sekitar 22 persen kematian yang terjadi akibat corona adalah lansia yang berumur di atas 80 tahun.

Hal itu terjadi karena sistem imun yang dimiliki lansia tidak mampu bekerja secara kuat seperti saat masih muda. Sebab, sejalan dengan bertambahnya usia, tubuh juga akan mengalami penurunan fungsi organ.

Tentunya kita juga tidak ingin nenek, kakek, dan orang tua tercinta tertular virus Corona, bukan? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar mereka tidak tertular Corona.

Lalu, bagaimana cara melindungi lansia dari paparan virus Corona? Simak tips nya berikut ini:

1. Menjaga jarak maksimal

Jika tinggal di rumah yang berbeda dari kakek, nenek, dan orang tua, sebaiknya jangan mengunjungi mereka untuk sementara waktu. Termasuk jangan melakukan aktivitas pulang kampung untuk saat ini. Sebab siapa saja, termasuk kita dapat menjadi pembawa virus.

Namun, jika tinggal bersama mereka dalam satu rumah, pastikan saat melakukan aktivitas di rumah dapat menjaga jarak maksimal. Usahakan menggunakan barang, serta tempat tidur yang terpisah.

2. Pastikan kakek, nenek, dan orang tua tetap di rumah

Sebisa mungkin tidak mengizinkan orang tua, kakek, dan nenek untuk pergi ke luar rumah. Pastikan mereka tetap berada di rumah, kecuali dalam keadaan terpaksa harus menemui dokter di rumah sakit. Usahakan ntuk urusan belanja dilakukan oleh anggota keluarga lain.

3. Jangan melakukan kontak fisik dengan anggota keluarga lain

Hal yang harus diperhatikan kembali adalah, ada baiknya jika orang tua tidak bersentuhan, berinterkasi dekat, salaman, dan berpelukan dengan anggota keluarga lain. Pasalnya, siapa saja dapat berpotensi sebagai pembawa virus.

4. Jaga kesehatan dan jangan stress

Cek kelengkapan persediaan obat dan vitamin di rumah. Pastikan orang tua, kakek, dan nenek, makan makanan yang bergizi. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik ringan serta menjaga kebersihan tubuh.

(ruz)

Berita Terkait