BPJS Kesehatan Luncurkan Fitur Baru, Konsultasi Dokter Kini Bisa Lewat Mobile JKN

Ilustrasi

Batam - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, melakukan melakukan inovasi baru untuk memudahkan peserta memperoleh layanan kesehatan tanpa perlu melakukan kontak langsung. Hal ini sebagai upaya mengurangi penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Inovasi tersebut dalam bentuk fitur konsultasi dokter di aplikasi mobile JKN. Dengan fitur menu tersebut, peserta dapat berkomunikasi dengan dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), tanpa melakukan kontak langsung.

Kepala Bidang Penjaminan dan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Batam, Yusrianto mengatakan, fitur ini sudah diaplikasikan di FKTP mitra BPJS Kesehatan.

“Fitur sudah diaplikasikan di beberapa FKTP, yang lain segera menyusul," ujar Yusrianto kepada Batamnews, Jumat (24/4/2020).

Fitur tersebut memberikan kemudahan bagi peserta untuk mendapatkan profil FKTP dan dokter secara lengkap. Setelah itu, peserta dapat memberikan rating kepada dokter setelah melakukan konsultasi melalui chat.

Menurut Yusrianto, tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta, fitur tersebut juga memudahkan dokter untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Peserta dapat melakukan konsultasi melalui chat, dokter juga sekaligus bisa memberikan edukasi kepada pasiennya,” kata dia.

 

Yusrianto berharap, penambahan fitur konsultasi dokter pada aplikasi mobile JKN benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh peserta. Sehingga peserta yang hanya ingin melakukan konsultasi tidak perlu datang ke FKTP dan cukup di rumah saja.

“Kami berupaya untuk memberikan kemudahan bagi peserta sekaligus membantu pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus ini dengan berbagai inovasi dan teknologi,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu dokter di Klinik Alam Sehat Taman Raya, Harrison mengatakan bahwa sejak aktif di fitur konsultasi dokter, sudah ada beberapa peserta JKN yang melakukan konsultasi, seperti konsultasi kehamilan, dan konsultasi penyakit kulit.

Bahkan pasien dapat mengirimkan gambar kondisi penyakit yang akan dikonsultasikannya. Tentu sangat memudahkan peserta yang ingin berkonsultasi tanpa harus keluar rumah, kapanpun dan dimanapun.

“Sudah ada peserta yang memanfaatkan fitur ini, bahkan dini hari dan saat itu juga langsung ditanggapi,” pungkas Harrison.

(ret)