Tiba di Bali, 537 WNI ABK Kapal Pesiar Amerika Jalani Tes Cepat Covid-19

Tiba di Bali, 537 WNI ABK Kapal Pesiar Amerika Jalani Tes Cepat Covid-19

Para WNI tiba di Bali.

Bali - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra, menerangkan 537 warga negara Indonesia (WNI) dari berbagai negara yang dipulangkan telah tiba. Mereka terdiri dari 97 Anak Buah Kapal (ABK) Carnival Cruise Line, Miami-Amerika dan 440 ABK Carnival Cruise Line, New Orleans, Amerika.

Mereka tiba di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (10/4/2020) pukul 14.00 WITA.

"Kedatangan PMI (pekerja migran Indonesia) disambut oleh petugas kesehatan dan petugas pendamping," kata Indra di Denpasar, Bali, Jumat (10/4/2020).

Para WNI didampingi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kesdam, Dokkes Polda Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Badung dan Kota Denpasar, untuk pengecekan kesehatan. Kemudian untuk petugas pendamping yang mengawasi kedatangan para PMI itu adalah Disnaker ESDM Provinsi Bali, Sat Pol PP, BPBD, Dishub, serta unsur TNI dan Polri.

Kemudian, para PMI harus melewati protokol kesehatan dengan tiga tahap. Pertama melakukan registrasi dan dicek suhu tubuh menggunakan thermo gun. Kemudian petugas kesehatan melakukan cek saturasi O² dan melakukan wawancara kesehatan serta riwayat perjalanan. Selanjutnya petugas melakukan rapid test.

Penerimaan PMI telah disesuaikan dengan SOP yang berlaku. Untuk itu, ia meminta kepada para PMI yang berpotensi negatif untuk menjalankan karantina mandiri di rumah secara disiplin.

"Selain itu Satgas Gotong Royong yang ada di desa dengan dibantu Dinas Kesehatan kabupaten dan kota atau puskesmas maupun puskesmas pembantu agar secara disiplin memantau para PMI yang karantina secara mandiri," ujar Indra.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews