Cegah Covid-19, Penerimaan Mahasiswa Baru UIB Dilakukan Online

Cegah Covid-19, Penerimaan Mahasiswa Baru UIB Dilakukan Online

Kampus UIB.

Batam - Sebagai salah satu upaya dalam mendukung pemerintah melakukan pencegahan Covid-19, Universitas Internasional Batam (UIB) turut mendukung program pemerintah yang mewajibkan seluruh pembelajaran dilakukan dari rumah.

Warek III UIB, Hepy Hefri Ariyanto mengatakan, pembelajaran dilaksanakan secara online. Hal ini untuk menghindari kerumunan untuk menghindari risiko penularan Covid-19.

“Mahasiswa tetap menjalankan perkuliahan seperti biasa. Hanya yang menjadi perbedaan pembelajaran dilakukan secara online antara mahasiswa dengan dosen,” ujar Hepy, Jumat (3/4/2020).

Tidak hanya pembelajaran yang dilakukan secara online, semua bentuk pelayanan juga dapat diakses secara online.

UIB mempersiapkan sistem pembelajaran dan seluruh layanan secara online, layanan yang berkaitan dengan akademik dan biro terkait bisa di akses melalui eservice.uib.ac.id. Jajaran rektorat memberikan imbauan memberikan kelonggaran kepada karyawan untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH).

Karyawan yang masih melakukan pekerjaan di UIB, diwajibkan untuk mengikuti protokol pencegahan Covid-19 seperti selalu menggunakan handsanitizer/mencuci tangan langsung satu jam sekali, menjaga kebersihan, bagi yang sakit harus menggunakan masker dan melakukan social distancing terhadap sesama karyawan.  

“Untuk kebaikan semua civitas akademika UIB, kami juga mengikuti imbauan dari pemerintah untuk melakukan semua pekerjaan dari rumah. Sejauh ini WFH cukup efektif karena semua civitas dapat melaporkan pekerjaan saat jam kerja berakhir, untuk karyawan yang masih bekerja di UIB harus tetap menjaga kebersihan diri dan melakukan social distancing,” ungkap Teddy Jurnali sebagai Wakil Rektor II UIB.

Pemberlakuan social distancing dalam lingkungan UIB diijelaskannya tidak boleh ada penyelengaraan kegiatan yang melibatkan orang banyak, pelarangan tamu untuk masuk ke dalam lingkungan UIB, dan seluruh pendaftaran dan pengumpulan berkas calon mahasiswa baru dilakukan secara online.

"Situasi dan kondisi saat ini menuntut semua pihak untuk bersama-sama menekan penyebaran virus dengan memberikan solusi kreatif dan inovatif agar proses akademis di UIB tertap berjalan," tuturnya.

Kepala Biro Humas UIB, Listia menambahkan, bagi mahasiswa yang baru akan mendaftar pada gelombang terdekat, dapat menggunakan sistem pendaftaran online yang baru diluncurkan, yakni bisa mengakses pendaftaran.uib.ac.id dan informasi detailnya bisa cek diwebsite UIB (https://www.uib.ac.id/pendaftaran-online-bagi-calon-mahasiswa-baru/).

"Dimanapun dan kapanpun bisa mendaftar ke UIB tanpa khawatir terpapar Covid-19. Langkah ini dilakukan untuk mempermudah mahasiswa melakukan pendaftaran dan mengurangi kekhawatiran, maka baik pendaftaran, pengumpulan berkas, dan ujian akan kami adakan secara online demi menjaga kondisi masing-masing untuk tidak berkumpul dalam keramaian," sebutnya.

Dijelaskan Teddy, layanan mereka selalu aktif pada saat jam kerja. "Semua pertanyaan akan dijawab oleh customer service kami. Tidak hanya via telepon atau WA (082283805873), tetapi juga bisa melalui email ([email protected]) dan semua media social seperti IG Humas (https://www.instagram.com/p/B-epXPgAFrw/) dan facebook (Universitas Internasional Batam). Kami berharap wabah ini segera berakhir agar semua dapat berjalan normal kembali,” ” terang Listia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews