Tak Disubsidi Pemerintah, Bright PLN Batam Jalankan Stimulus Ekonomi?

Tak Disubsidi Pemerintah, Bright PLN Batam Jalankan Stimulus Ekonomi?

PLN Batam. (Foto: plnbatam.com)

Batam - Presiden Jokowi menyiapkan stimulus ekonomi bagi masyarakat yang terimbas dampak Covid-19. Salah satunya adalah penggratisan layanan listrik 450 VA dan diskon 50% untuk tagihan pelanggan PLN berdaya 900 VA.

Namun Bagaimana dengan B'right PLN Batam yang merupakan anak perusahaan PLN yang tidak disubsidi pemerintah?

Corporate Secretary Bright PLN Batam, Denny Hendri Wijaya menyebutkan B'right PLN Batam berbeda dengan PLN Persero. "Kami kan anak perusahaan, tidak mendapat subsidi seperti PLN Persero, jadi pelanggan kami pun tidak ada pelanggan bersubsidi," ucap Denny, kepada Batamnews, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Pelanggan Listrik Daya 900 VA Dapat Keringanan 50 Persen

Sebagai operator di bawah naungan provinsi, Denny mengatakan untuk kebijakan presiden tersebut pihaknya masih menunggu keputusan dan perintah dari gubernur.

"Karena pemerintah provinsi sebagai regulator untuk penerapannya kami masih menunggu keputusan dari Gubernur dan Dinas ESDM bagaimana prosedur penerapan," ujar Denny.

Sejauh ini Denny mengaku pemberian listrik gratis bagi pelanggan dengan daya 450 VA sudah dibicarakan namun tinggal menunggu keputusan saja.

Hanya 936 pelanggan yang gunakan 450 VA

 

Selaku operator sistem kelistrikan di Batam-Bintan PLN Batam membeberkan, untuk kawasan Batam-Bintan jumlah pelanggan dengan penggunaan daya 450 VA sangat minim

Dari total 330 ribu pelanggan Bright PLN Batam ada sekitar 936 pelanggan yang menggunakan daya 450 VA.

"Hanya sedikit pelanggan yang menggunakan daya segitu, dan rata-rata pengguna memang untuk rumah tinggal seperti di Area Kampung Tua, Kavling dan Rusun," ujar Denny.

Baca juga: Pemerintah Gratiskan Pengguna Listrik 450 VA Selama 3 Bulan

Daya listrik 450 VA sama dengan 2 Ampere, artinya dengan daya ini kebutuhan listrik yang bisa digunakan sangat terbatas. Masyarakat harus bergantian dalam penggunaan elektronik di dalam rumah.

Sedangkan untuk pelanggan dengan daya listrik 900 VA ada sekitar 3.000-an pelanggan yang berada di area kavling dan kampung tua.

Seperti yang diketahui sebagian masyarakat Kota Batam, saat ini tidak bisa terlepas dari penggunaan mesin cuci, AC atau kipas angin. Dan besaran daya di area perumahan di Kota Batam, setidaknya menggunakan sekitar 6 ampere atau 1.300 VA.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews