Minim Sarana, Disinfektan di Pulau Laut Natuna Pakai Semprot Tanaman Hias

Minim Sarana, Disinfektan di Pulau Laut Natuna Pakai Semprot Tanaman Hias

Petugas medis di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna melakukan disinfektan dengan alat seadanya. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna - Rentang kendali yang jauh membuat fasilitas dan sarana dan prasarana acap kali tidak memadai di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Terkhusus perjuangan tenaga medis dari Puskesmas Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna menjalankan tugasnya dalam pencegahan Covid-19

Mereka melakukan penyemprotan disinfektan kepada kru kapal dan penumpang yang turun di kecamatan terujung Kabupaten Natuna tersebut. Kecamatan Pulau Laut adalah kecamatan terdepan dari Kabupaten Natuna. Sementara Kabupaten Natuna sendiri adalah Kabupaten perbatasan paling utara NKRI.

Memakai APD seadanya, serta alat semprot yang notabene merupakan alat semprot tanaman hias, mereka tetap menjalankan tugasnya dengan penuh tanggungjawab.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pulau Laut, Bina Rachma Permatasari mengatakan, pihaknya langsung melakukan prosedur usai menerima surat edaran bupati terkait penanganan Covid-19.

"Salah satunya adalah untuk pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan kepada semua penumpang dan kru kapal yang turun di Kecamatan Pulau Laut," ungkapnya

Ia mengakui APD yang ada memang belum memadai. "Kami berharap pihak Pemda melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna bisa mendistribusikan APD serta peralatan penunjang lainya guna mendukung kinerja kami di pulau yang terluar ini," ungkapnya.

Menurut Bina, Pemkab Natuna mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 milliar guna penanganan Covid-19.

"Tentunya ini menjadi angin segar buat kami di sini, harapan kami selain sarana prasarana, APD dan alat penunjang lainya, SDM medis yang ada di Pulau Laut agar bisa ditambah karena saat ini hanya terdapat 11 orang tenaga medis terdiri dari dokter 2 orang, perawat 7 orang dan bidan 4 orang. Padahal untuk setingkat kecamatan tentunya sangatlah kurang dengan tenaga medis yang hanya segitu," akunya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews