Warga Tanjungpinang Close Contact dengan Jemaah dari Malaysia Ikut Dites

Warga Tanjungpinang Close Contact dengan Jemaah dari Malaysia Ikut Dites

Masjid Baiturrahman, Tanjungpinang. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Satgas pencegahan Covid-19 telah selesai melakukan pengambilan darah para jemaah tabligh Tanjungpinang yang sempat ikut acara akbar di Petaling, Malaysia. Banyak jemaah di acara itu sebelumnya yang terkonfirmasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan, pengambilan telah selesai dan menunggu hasil.

"Kita sudah selesai melakukan rapid tes terhadap jemaah tablig yang ada di Masjid Baiturrahman Tanjungpinang ini yang sebelumnya mengikuti acara tablig di Malaysia," kata Rustam, Minggu (29/3/2020).

Ditambahkan Rustam semua jemaah yang ada termasuk Huzrin Hood sangat kooperatif. Sehingga memudahkan dalam pengambilan darahnya. "Jadi yang diambil darah ini bukan hanya jemaah tabligh saja, tetapi siapa saja, orang yang ada kontak dengan jemaah ini termasuk keluarganya," ujar Rustam.

Untuk hasil dari tes rapid ini akan dilaporkan terlebih dulu ke Walikota Tanjungpinang. Selanjutnya akan disampikan kepada khalayak umum sehingga mengetahuinnya hasilnya.

"Nanti Pak Walikota akan sampaikan hasil tes ini. Tunggu saja pemberitahuan ya," kata Rustam lagi.

Sekedar diketahui tambah Rustam hasil rapid tes ini dibagi dalam tiga kategori. Pertama non reaktif yakni orang yang bersangkutan sehat. "Namun yang kategori non reaktif akan tetap dikarantina di rumah pribadi secara mandiri," terang Rustam.

Kategori kedua kata Rustam yakni reaktif tanpa gejala, untuk kategori ini akan tetap dilakukan karantina di rumah singgah.

Dan kategori ketiga yakni reaktif dengan gejala, maka orang yang bersangkutan akan diisolasi di rumah sakit. "Untuk hasilnya nanti akan diumumkan Walikota. Semua akan disampikan secara terbuka dan akan dilaporkan juga ke pusat," ujar Rustam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews